Pasang Iklan

Tiongkok Pamer Kendaraan Listrik di Jakarta, Ini Fakta Pentingnya!

Zonatikus.com – Pameran Internasional Meorient dan Kamar Dagang Tiongkok akan menyelenggarakan Pameran Transportasi Cerdas dan Energi Indonesia untuk mempromosikan atau memajukan sektor perdagangan internasional..
“Kami menargetkan 100 peserta pameran dan 30..000 pengunjung profesional untuk menghadiri acara di bidang energi, termasuk sumber energi baru dan perangkat penyimpanan, kendaraan bermotor baru, otomatisasi sistem penggerak, manajemen pengisian daya, logistik pintar dan peralatan logistik perkotaan, serta manajemen lalu lintas dan operasional perkotaan,” Larissa Chu, General Manager Pameran Internasional PT Meorient, mengatakan dalam siaran persnya.
Larissa menjelaskan, pameran ini merupakan ajang yang mengintegrasikan kendaraan bermotor baru, baterai isi ulang, dan penyimpanan energi.. “Acara ini diselenggarakan bersamaan dengan Badan Energi dan Energi Baru Indonesia dan membuka peluang bisnis pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, memperkuat pertukaran teknologi baterai dan memperluas pangsa pasar “teknologi dan produk kendaraan listrik China” ujarnya..
Pameran ini akan diadakan di Jakarta International Expo (JIExpo) di Indonesia pada tanggal 23 November hingga 26 November 2023..

Batasi Ekspor untuk Baterai Mobil Listrik

Sebelumnya, Tiongkok mengumumkan bahwa akan melakukan pembatasan ekspor untuk beberapa produk grafit. Alasannya adalah untuk menjaga keamanan nasional, dan sebagai langkah untuk mengontrol pasokan mineral penting, sebagai tanggapan terhadap tantangan atas dominasi manufaktur global.

Dikutip dari Reuters, Tiongkok adalah produsen dan pengekspor grafit terbesar di dunia. Teknologi ini juga menyempurnakan lebih dari 90 persen grafit dunia menjadi bahan yang digunakan di hampir semua anoda baterai kendaraan listrik.

“Langkah berani dan tak terduga yang dilakukan Tiongkok dalam bidang grafit ini telah mengejutkan kami, terjadi jauh lebih cepat dari perkiraan siapa pun,” kata Kien Huynh, Kepala Komersial Alkemy Capital, Investments, yang berfokus pada pengembangan proyek di sektor logam transisi energi.

Izin Ekspor

Saat ini, Beijing mewajibkan izin ekspor pada saat banyak pemerintah asing meningkatkan tekanan terhadap perusahaan-perusahaan Tiongkok atas praktik industrinya.

Uni Eropa sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan tarif untuk kendaraan listrik buatan Tiongkok, dengan alasan bahwa mendapat keuntungan yang tidak adil dari subsidi.

Selain itu, Pemerintah Amerika Serikat awal pekan ini memperluas pembatasan akses perusahaan Tiongkok terhadap semikonduktor, termasuk menghentikan penjualan chip kecerdasan buatan yang lebih canggih dari Nvidia.

Pengajuan izin

Untuk diketahui, berdasarkan pembatasan baru ini, Tiongkok akan mewajibkan pengekspor untuk mengajukan izin pengiriman dua jenis grafit mulai 1 Desember 2023.

Hal itu, termasuk bahan grafit sintetis dengan kemurnian tinggi, kekerasan tinggi, dan intensitas tinggi, serta grafit serpihan alami dan produk-produknya.

Zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *