Pasang Iklan

Pinjaman Online Tanpa BI Checking Terpercaya, Dana Cair Nggak Pakai Lama!

zonatikus.com Butuh pinjaman dana cepat tapi riwayat kredit kamu kurang baik? Jangan risau, kamu bisa memanfaatkan pinjaman online tanpa BI checking untuk menghindari penolakan saat pengajuannya, geng.

Dengan cara ini, kamu bisa meminjam uang tanpa perlu verifikasi riwayat kredit dari Badan Informasi Kredit. Prosesnya juga cepat dan tidak memerlukan jaminan apapun.

Namun, agar kamu tidak terjebak dalam perangkap pinjaman ilegal, kamu harus tahu apa saja APK pinjaman online tanpa BI checking yang terpercaya alias resmi. Yuk, cek daftarnya di bawah ini!

Apa itu BI Checking?

Pinjol Tanpa Bi Checking

Sebelum membahas pinjaman tanpa BI checking jaminan sertifikat lebih lanjut, mungkin kamu perlu lebih dulu memahami apa itu BI checking. Jadi, BI checking sendiri merupakan Informasi Debitur Individual (IDI) yang mencatat lancar atau macetnya pembayaran kredit (kolektibilitas). Dulunya adalah salah satu layanan informasi riwayat kredit di Sistem Informasi Debitur (SID).

Saat ini, sistem tersebut telah beralih dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Beberapa di antara kalian mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah ini.

SLIK sendiri berisikan informasi pencarian, data pokok debitur, kolom pemilik atau pengurus (badan usaha), fasilitas beserta ringkasan kredit dan garansi yang diberikan, serta kolom kredit atau pembiayaan.

Data-data tersebut biasanya digunakan oleh lembaga keuangan bank maupun non-bank dalam mengambil keputusan untuk melanjutkan proses peminjaman kepada debitur atau tidak, geng.

Lantas, apakah pinjol masuk BI checking? Berdasarkan uraian di atas, bisa disimpulkan kalau beberapa lembaga pinjol masih perlu melihat riwayat kredit ini. Namun, tentu saja sistem itu sudah digantikan dengan SLIK OJK.

Pihak pinjaman-online 24 jam langsung cair tanpa BI checking nantinya melakukan pengecekan kelayakan bagi calon peminjammnya. Namun, calon peminjam juga dapat melakukan pengecekan SLIK secara mandiri lewat smartphone, sebagai gambaran apakah pengajuan dana mereka dapat diterima atau tidak.

Cara Cek BI Checking Sendiri

BI Checking

Untuk mengecek BI Checking sendiri, kamu bisa melakukannya pinjaman online KTP melalui browser, kok. Caranya adalah dengan mengakses situs maupun aplikasi iDebku OJK. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser pada HP atau PC, dan ketik https://idebku.ojk.go.id di kolom alamat.
  2. Pilih menu Pendaftaran.
  3. Pilih opsi Cek Ketersediaan Layanan.
  4. Masukkan data diri untuk memulai pendaftaran dengan mengisikan jenis debitur, jenis identitas debitur, nomor identitas yang dipilih, kewarganegaraan, dan kode captcha.
  5. Klik Selanjutnya.
  6. Apabila kuota antrian masih tersedia, akan muncul menu untuk mulai mengisi Data Registrasi.
  7. Masukkan data diri secara lengkap, seperti nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, alamat email, hingga nomor HP.
  8. Pilih tujuan permohonan informasi BI Checking.
  9. Masukkan nama ibu kandung.
  10. Setelah mengisi seluruh formulir yang tersedia, klik tombol Selanjutnya.
  11. Unggah foto kartu identitas sesuai petunjuk, dengan ukuran maksimal 4 MB.
  12. Setelah mengunggah foto identitas, klik tombol Selanjutnya.
  13. Pahami terkait syarat dan ketentuan permohonan.
  14. Setelah melengkapi data yang dibutuhkan, klik tombol Ajukan Permohonan.
  15. Selesai.

Nah, jika pendaftaran pinjol tanpa skor kredit berhasil dilakukan, akan muncul nomor pendaftaran yang bisa dicek melalui menu Status layanan pada halaman awal situs iDebku. Kamu juga bisa mendapatkan informasi debitur individual (IDI) historis yang mencatat riwayat pembayaran kredit kamu selama ini.

Daftar Pinjaman Online tanpa BI Checking 2023

Cek Bi Checking Online

Seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan masyarakat akan pinjaman online tanpa BI Checking APK yang cepat dan mudah, kini semakin banyak pula platform fintech yang menawarkan kemudahan dalam meminjam uang tanpa harus melakukan BI checking atau pengecekan keuangan oleh Bank Indonesia.

Layaknya KTA Maybank tanpa BI checking, berikut ini adalah beberapa aplikasi pinjaman online tanpa OJK dan BI checking APK yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa kamu coba:

  1. Kredit Pintar
  2. Tunaiku
  3. Akulaku
  4. DanaRupiah
  5. UangMe
  6. TunaiKita
  7. Cashwagon
  8. Danacepat
  9. KoinWorks
  10. Amartha
  11. Investree
  12. Modalku
  13. Kredivo
  14. AwanTunai
  15. JULO
  16. Adira Dinamika Multi Finance
  17. BFI Finance
  18. Home Credit
  19. OJK Link
  20. Bunga atau Aplikasi KTA
  21. Teralite
  22. Dana Cepat
  23. Pinjam Yuk
  24. Pendanaan

Risiko dari Pinjaman Tanpa Bi Checking

Risiko Pinjol Tanpa Bi Checking

Ada banyak pinjaman online yang tidak memeriksa laporan kredit dari BI dan menawarkan proses yang cepat dan mudah. Syaratnya juga tidak terlalu rumit, cukup KTP dan NPWP saja.

Tapi, kamu harus hati-hati dengan risiko yang bisa muncul jika kamu mengambil pinjaman online tanpa BI checking jaminan sertifikat ini. Berikut beberapa risikonya.

1. Bunga Tinggi

Beberapa pinjaman online tanpa KTP mematok bunga yang sangat tinggi, hampir seperti rentenir. Kamu bisa terjerat hutang yang sulit dibayar jika kamu tidak berhati-hati.

2. Banyak Biaya Tersembunyi

Ada juga pinjaman online tanpa BI checking yang mengklaim bunganya rendah, tapi sebenarnya ada biaya lain yang ditambahkan, seperti biaya administrasi, biaya layanan, dan sebagainya. Akhirnya, jumlah uang yang harus kamu bayar kembali bisa jadi jauh lebih besar dari yang kamu pinjam.

Oleh karena itu, jika kamu benar-benar butuh pinjam uang, pastikan kamu memilih perusahaan fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

3. Dikejar Debt Collector

Risiko lain yang mungkin kamu alami adalah dikejar oleh Debt Collector. Jika kamu tidak bisa membayar pinjaman sesuai perjanjian, perusahaan pinjaman mungkin akan mengutus DC yang bisa mengganggu hidupmu.

Ketentuan Hukum BI Checking

BI Checking atau kini disebut Sistem Informasi Debitur (SID) adalah sebuah mekanisme yang diatur oleh Bank Indonesia (BI) melalui Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/14/PBI/2007. Melalui SID, bank dan perusahaan pembiayaan dapat saling berbagi informasi tentang debitur yang meminjam uang dari mereka.

Bank wajib melaporkan data pinjaman dan kondisinya kepada BI secara transparan, apakah pinjaman itu sudah lunas, lancar, atau macet. Hal ini tidak melanggar hukum tentang pencemaran nama baik atau penyebaran data debitur.

Pasal 44 ayat (1) UU No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan menyatakan bahwa bank dapat bertukar informasi tentang keuangan nasabahnya dengan bank lain.

Tujuannya adalah untuk memudahkan dan mengamankan usaha bank, mencegah pinjaman ganda, serta mengetahui profil dan status nasabah suatu bank. Dengan demikian, bank dapat menilai risiko yang akan ditanggung sebelum melakukan transaksi dengan nasabah atau dengan bank lain.

Akhir Kata

Itulah tadi rekomendasi aplikasi pinjaman tanpa BI checking dan OJK 2023 yang bisa kamu pilih jika sedang terdesak. Pastikan untuk memilih aplikasi pinjol dan kartu kredit tanpa BI checking yang sesuai dengan kebutuhan kamu serta membaca syarat dan ketentuan dengan teliti sebelum mengajukan pinjaman.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menyesuaikan besaran pinjaman online pasti cair tanpa BI checking dengan kemampuan bayarmu, ya. Jangan sampai ujung-ujungnya gagal bayar dan dikejar-kejar debt collector pinjol. Serem!

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *