Pasang Iklan

Panduan Lengkap Charge Mobil Listrik, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah!

zonatikus.com Salah satu hal yang sangat penting dalam mobil listrik adalah charge atau pengisian daya. Fasilitas ini dibutuhkan agar pengguna bisa mengoperasikan mobil listrik dengan daya yang cukup.

Namun, banyak orang yang masih belum begitu paham dengan cara charge baterai mobil listrik. Banyak yang menganggapnya ribet dan susah. Padahal, kamu bisa charge mobil listrik di rumah sendiri dengan mudah.

Penasaran dengan cara charge mobil listrik yang praktis dan aman? Yuk, simak panduan lengkapnya di sini.

1. Mencari Stasiun Pengisian Daya

Charging Station 78ba8

Pertama-tama, kamu perlu mengetahui lokasi stasiun pengisian daya terdekat. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi peta atau aplikasi khusus untuk mencari stasiun pengisian daya mobil listrik yang tersedia.

Beberapa aplikasi tersebut antara lain seperti GoCharge, QCharge, atau PlugShare. Kamu juga bisa memeriksa melalui situs-sotus penyedia layanan pengisian daya seperti Bluebird, PLN atau Efacec.

2. Jenis Stasiun Pengisian Daya

Stasiun Pengisian Daya 81241

Setelah mengetahui lokasi stasiun pengisian daya, kamu perlu mengetahui jenis stasiun pengisian daya mobil listrik yang tersedia. Saat ini ada tiga jenis stasiun pengisian daya, yaitu:

  • AC Charging: Stasiun pengisian daya AC adalah yang paling umum dan tersedia di banyak lokasi. Stasiun ini cocok untuk mobil listrik dengan daya baterai yang rendah dan proses pengisian daya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.
  • DC Charging: Stasiun pengisian daya DC membutuhkan waktu pengisian yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan stasiun pengisian daya AC, namun umumnya hanya tersedia di lokasi-lokasi tertentu seperti pusat perbelanjaan atau rest area tol.
  • Home Charging: Alternatif lainnya adalah menggunakan fasilitas pengisian daya yang tersedia di rumah. Dengan menggunakan fasilitas ini, kamu dapat mengisi daya mobil listrik secara mandiri di rumah.

3. Proses Pengisian Daya

Setelah mengetahui jenis stasiun pengisian daya yang tersedia, kamu perlu mengetahui proses pengisian daya mobil listrik. Cara pengisian daya mobil listrik pada dasarnya sama seperti pengisian daya baterai smartphone atau gadget lainnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

  • Pastikan mobil dalam keadaan mati saat diisi daya.
  • Pastikan konektor kabel pengisian daya terpasang dengan baik dan kuat.
  • Pastikan kondisi kabel pengisian daya dalam keadaan baik dan tidak rusak.

4. Waktu Pengisian Daya

Waktu pengisian daya mobil listrik bervariasi tergantung jenis stasiun pengisian daya yang digunakan dan daya baterai mobil. Pada umumnya, pengisian daya pada stasiun pengisian daya AC membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam untuk mengisi daya baterai dari 0% hingga 100%.

Biaya Pengisian Daya

Setiap stasiun pengisian daya mobil listrik memiliki tarif yang berbeda-beda. Tarif ini ditentukan berdasarkan jenis stasiun pengisian daya yang digunakan, waktu pengisian daya, serta lokasi stasiun pengisian daya.

Misal, untuk stasiun pengisian daya AC, tarif pengisian daya di Indonesia berkisar antara Rp1.500 – Rp3.000 per kWh. Sedangkan untuk stasiun pengisian daya DC, tarif pengisian daya di Indonesia bisa mencapai Rp10.000 per kWh.

Charge mobil listrik adalah aktivitas yang wajib kamu kuasai sebagai pemilik kendaraan ramah lingkungan roda empat. Jangan lupa lakukan perawatan secara rutin untuk menjaga daya tetap optimal dan umur baterai lebih panjang.

Ingin mengetahui lebih lanjut kelebihan yang dibawa mobil listrik? Silakan kunjungi artikel lainnya di bawah ini. Dapatkan informasi lengkap yang membuatmu tergiur membeli mobil listrik!

Tak cuma ramah lingkungan dan hemat biaya perawatan, ternyata ini kelebihan mobil listrik lainnya yang wajib kamu ketahui!

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan tentang cara pengisian daya untuk kendaraan listrik. Jaka sudah menjabarkan tentang proses pengisian, waktu, hingga biayanya. Prosesnya sangat mudah dan praktis. Mengisi ulang baterai mobil listrik harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dengan petunjuk yang ada di manual pengisi daya dan mobil listrik. Hal ini akan membantu menjaga keamanan dan kinerja baterai mobil listrik.

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *