Pasang Iklan

Mobil Listrik Terbaru Pilihan Tahun 2023, Paling Laris di Tanah Air!

Mobil listrik adalah pilihan cerdas bagi kamu yang peduli dengan lingkungan dan ingin hemat biaya operasional. Di Indonesia, sudah ada banyak mobil listrik yang tersedia.

Mulai dari SUV futuristik Toyota bZ4X, minivan kompak Honda N-Van, hingga pikap petualang Rivian R1T. Semua mobil listrik ini memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi harga, spesifikasi, maupun fitur.

Kamu bisa memilih mobil listrik yang sesuai dengan selera dan budget kamu. Untuk membantu kamu menentukan pilihan, berikut ini Jaka sajikan ulasan lengkap tentang mobil listrik terbaru yang dijual di Indonesia.

1. Hyundai IONIQ 6

Hyundai Ioniq 6

Hyundai tidak berhenti mengembangkan seri IONIQ yang populer di kalangan penggemar mobil listrik. Kini, mereka meluncurkan Hyundai IONIQ 6, sebuah sedan listrik mewah yang dibanderol dengan harga lebih dari Rp1 miliar.

Mobil ini memiliki baterai 77,4 kWh dan dual motor yang mendukung sistem penggerak all-wheel drive. Dengan spesifikasi ini, mobil IONIQ 6 mampu mengeluarkan tenaga 239 kW dan torsi 605 Nm.

Mobil ini juga memiliki performa yang mengesankan, dengan kecepatan maksimal 185 km/jam dan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,1 detik. Sangat menarik, bukan?

TipeHarga
Hyundai IONIQ 6Rp1,19 Miliar

2. MG 5 EV

MG 5 EV

MG 5 EV adalah salah satu model yang sudah dipamerkan MG Motor Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 lalu. Mobil kompak ini murni bertenaga listrik.

Produsen asal Inggris tersebut memberikan desain yang mewah dan menawan untuk seri MG 5 EV. MG 5 EV sendiri merupakan kendaraan listrik yang mengusung model station wagon dan dilengkapi dengan beragam fitur menarik.

Mobil ini menghasilkan tenaga sebesar 115 kW atau setara dengan 156 PS, sehingga mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam waktu delapan detik saja. Sebuah akselerasi yang tergolong mumpuni untuk segmen mobil listrik.

MG 5 EV dibekali baterai berkapasitas 50,3 kWh yang diklaim memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 380 km kelasnya dengan standar NEDC. Mobil ini juga memiliki tiga mode berkendara yang dapat dipilih dari sport, normal, dan eco.

TipeHarga
MG 5 EVRp427 juta (Harga Thailand)

3. Rivian R1T

Rivian R1t 17192

Start up asal Amerika Serikat, Rivian, akhirnya merilis pikap listrik terbaru mereka yang diberi nama Rivian R1T. Kerennya, mobil ini berhasil menyabet penghargaan keselamatan Top Safety Pick+ dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS), loh.

Lewat serangkaian uji coba yang dijalankan, mobil ini mendapatkan rating Good di enam parameter uji tabrak IIHS. Enam parameter itu adalah sisi depan pengemudi, sisi depan penumpang, paruh depan, tabrak sambing, kekuatan atap, dan uji head restraint.

Sementara performanya, pikap listrik ini memiliki tenaga 754 TK dan 1.200 Nm. Sementara jarak tempuh baterai 135 kWh yang diusung mampu mencapai jarak 483 km.

TipeHarga
Rivian R1TRp994 juta (Harga Amerika Serikat)

4. Honda N-Van

Harga Mobil Listrik Honda N Van

Honda N-Van awalnya adalah mobil bermesin bensin yang pertama kali diperkenal pada tahun 2018 lalu. Kendaraan komersial Honda ini dimaksudkan untuk memenuhi segmen kei car, semacam mobil kecil dan mungil yang populer di Jepang

Mobil ini juga diiklankan untuk keluarga karena dapat menampung hingga empat orang. Sedangkan dari luar, tampilan Honda N-Van sendiri memang terkesan mengkotak, tetapi memang masih ada kesan atraktif.

Sayangnya, pihak Honda masih belum mengungkapkan seperti apa detail spesifikasi dari versi listriknya. Sebab, mobil ini mungkin baru akan mengaspal pada tahun 2024 mendatang.

Kehadiran mobil listrik ini disebut sebagai penantang serius Wuling Air EV karena harganya yang kemungkinan besar akan dibanderol dengan lebih murah.

TipeHarga
Honda N-VanRp113,9 juta (Perkiraan)

5. Mercedes-Benz EQS

Mercedes-Benz EQS adalah mobil sedan listrik yang pada akhir tahun ini dipastikan akan mengaspal di Indonesia. Mobil listrik asal Jerman ini sendiri pertama kali meluncur pada April tahun 2021.

Mobil listrik ini hadir dalam dua model, yakni Mercedes EQS 450+ dengan 333 hp dan Mercedes EQS 580 4MATIC dengan 523 HP penggerak semua roda. Mobil ini diklaim dapat mencapai akselerasi 0-100 Kilometer per jam (Kpj) hanya dalam waktu 4,1 detik saja.

Soal jarak tempuh, sedan listrik satu ini diklaim dapat menempuh jarak sekitar 770 km. Kemampuan ini membuat Mercedes-Benz EQS menjadi mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh di negara asalnya.

TipeHarga
Mercedes EQS 450+Rp1,4 miliar
Mercedes EQS 580 4MATICRp1,7 miliar

6. Mitsubishi Outlander PHEV

Mitsubishi Outlander Phev

Mitsubishi Outlander PHEV sebenarnya bukanlah mobil listrik murni, melainkan mengusung teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Adapun mesin hybrid di mobil ini bersumber dari tenaga listrik dan juga memiliki penggerak berbahan bakar minyak.

SUV ramah lingkungan ini memadukan mesin 2.4-l DOHC MIVEC berdaya 126 TK dan torsi 199 Nm dengan baterai listrik berdaya 13,8 kWh. Menariknya, mobil berpenggerak empat roda ini bisa menjadi generator untuk menyalurkan tenaga listrik cadangan hingga 1.500 Watt, loh.

Nantinya, generasi terbaru Mitsubishi Outlander PHEV 2023 akan hadir dengan teknologi yang lebih canggih dan performa yang lebih mumpuni tentunya. Untuk saat ini, berikut adalah banderol untuk mobil tersebut.

TipeHarga
Mitsubishi Outlander PHEVRp1,309 miliar

7. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross

Toyota Corolla Cross Hybrid muncul dengan desain segar dan performa yang lebih bertenaga. Tidak hanya itu, mobil ini juga lebih ramah lingkungan karena ikut mengandalkan daya baterai dan sistem kelistrikan.

Mobil yang telah dirilis tahun 2020 ini dibekali mesin 2ZR-FXE 1.800cc DOHC 4-silinder DOHC dan teknologi VVT-i. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 96 hp dan torsi puncak 142 Nm dan 70 hp dengan torsi puncak 163 Nm pada sistem kelistrikan.

Berkat teknologi HEV, Corolla Cross tidak membutuhkan charging station guna pengisian daya listrik. Jadi, cukup mengisinya dengan bensin untuk membantu pengisian baterai untuk menggerakkan motor listrik.

Selain itu, mobil SUV versi hybrid ini memiliki ruang kabin yang lapang dan nyaman berkat desain interior modern nan mewah. Kamu bisa cek harganya di bawah:

TipeHarga
Toyota Corolla Cross HybridRp540 juta

8. Nissan Kicks e-Power

Tentang All New Nissan Kicks E Power

All-New Nissan Kicks e-Power merupakan mobil listrik Nissan yang menjadi andalan produsen Nissan di segmen mobil listrik Tanah Air. Keunggulannya, mobil ini tidak ketergantungan pada charging station, loh.

Teknologi ini bisa dihadirkan berkat fitur e-Power yang mengandalkan kombinasi dari mesin bensin berkapasitas 1,2 liter, generator, inverter, dan motor elektrik. Teknologi ini tidak akan bisa ditemukan pada mobil listrik yang masih menggunakan charger fisik.

Hasilnya, pengalaman berkendara baru dengan motor yang 100 persen digerakkan oleh tenaga listrik bisa didapatkan. Tanpa harus memikirkan lokasi stasiun pengisian daya, pemilik mobil ini bisa berkendara jauh dengan lebih tenang.

Kalau kamu tertarik untuk membeli mobil Nissan Kicks e-Power, silakan cek banderol harganya pada tabel di bawah:

TipeHarga
Nissan Kicks e-PowerRp482 juta

9. Minicab MiEV

Minicab Mi EV

Minicab MiEV adalah salah satu produk yang dipamerkan Mitsubishi pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 lalu. Model ini merupakan kendaraan niaga ringan yang menggunakan tenaga listrik sepenuhnya.

Mobil yang biasanya menjadi kendaraan operasional perusahaan logistik di Jepang ini adalah proyek percontohan alias pilot study untuk pasar Indonesia. Mobil niaga listrik disebut cocok digunakan di Indonesia dengan pertimbangan limitasi jarak tempuh dan harga.

Minicab MiEV dibekali daya listrik 1.500 W DC yang bisa menyalurkan daya AC 100 V. Mobil listrik niaga ini ditenagai baterai Lithium-ion dengan dua pilihan kapasitas, yakni 10,5 kWh dan 16,0 kWh yang masing-masing mampu menempuh jarak 100 km dan 150 km.

Mobil ini bisa mengangkut empat penumpang dengan maksimal bobot 200 kg. Sementara jika hanya mengangkut dua penumpang, kapasitas bobotnya bisa mencapai 350 kg. Minicab MiEV memiliki tipe 2-seater dan 4-seater.

Tertarik ingin membeli mobil listrik yang satu ini? Kamu bisa cek harganya di bawah:

TipeHarga
Minicab MiEV 2-seaterRp302 juta
Minicab MiEV 4-seaterRp305 juta

10. Hyundai Kona

Hyundai KONA 1b2cc

Hyundai Kona merupakan salah satu varian mobil bertenaga full listrik yang dihadirkan oleh pabrikan asal Korea Selatan. Mobil listrik ini langsung mendapatkan sambutan hangat publik saat pertama kali dirilis

Baterai yang digunakan mobil listrik Hyundai bertipe lithium-ion polymer dengan kapasitas 39,2 kWh. Dengan kapasitas sebesar itu, jarak tempuh Hyundai KONA Electric bisa mencapai 345 km dalam sekali pengisian penuh.

Kona Electric sendiri punya grill polos tanpa adanya motif apapun yang menjadi ciri khas dari mobil listrik pada umumnya. Bagian muka tersebut pun sudah dilengkapi lampu berbentuk unik yang semuanya sudah LED.

Harga Hyundai Kona Electric 2023 berkisar Rp600 jutaan untuk on the road (OTR) Jakarta dan sekitarnya. Kamu pun bisa memilihnya dalam empat pilihan warna, yakni Chalk White, Galactic Grey, Dark Knight, dan Pulsa Red.

Tertarik ingin membeli mobil listrik yang satu ini? Kamu bisa cek harganya di bawah:

TipeHarga
Kona SELRp505 juta
Kona LimitedRp627 juta

Akhir Kata

Jadi itulah tadi deretan mobil listrik terbaru yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli. Silakan pilih mana spesifikasi mobil listrik Indonesia 2023 yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Mengingat antusiasme masyarakat terhadap teknologi elektrifikasi pada kendaraan saat ini sangat tinggi, tentu kamu juga jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkannya. Mobil listrik pun jadi salah satu moda transportasi terbaik saat ini dan masa depan.

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *