Pasang Iklan

Mazda MX-5 Miata Hadir Lebih Canggih, Siap Meluncur pada 2024!

Mazda MX-5 Miata Hadir Lebih Canggih, Siap Meluncur pada 2024!

Zonaliga.com – Mazda baru-baru ini mengumumkan pembaruan menyeluruh untuk mobil sports MX-5 Miata di Jepang. Mobil ini hadir dengan nama Roadster/Roadster RF.

Mobil ini juga akrab dipanggil “ND3”, mengingat kendaraan roda empat ini merupakan “penyegaran” dari model “ND2” yang diperkenalkan pada 2019 lalu. Pada debut awalnya, ND2 hadir dengan mesin 2.0-liter yang lebih bertenaga.

Ada kemungkinan bahwa mesin ini akan kembali digunakan pada versi global yang akan meluncur dalam beberapa bulan. Mobil Mazda MX-5 ini rencananya akan dirilis secara publik, usai sesi peluncuran perdana di Jepang pada pertengahan Januari 2024 mendatang.

Untuk saaat ini, Miata 2024 sudah bisa dipesan lebih awal secara pre-order di Jepang. Mobil ini dilengkapi lampu depan LED baru yang diintegrasikan dan dapat menyala pada siang hari.

Sebelumnya, lampu ini terletak di bagian bumper dan terdiri dari beberapa titik cahaya. Desain lampu ini mulai dianggap ketinggalan zaman karena telah ada sejak model ND1 tahun 2015.

Tak hanya bagian depan, lampu belakang Mazda MX-5 Miata juga mendapat pembaharuan tampilan lebih segar. Mazda mengatakan seluruh sistem pencahayaan Mazda MX-5 menggunakan lampu LED, termasuk lampu sein.
Perubahan lainnya terlihat pada gril sisi kiri, dimana mobil ini telah dimodifikasi untuk mengakomodasi sensor radar untuk adaptive cruise control yang mendukung Smart Brake Assist.
Sistem bantuan rem cerdas dapat menghentikan kendaraan secara otomatis saat mundur dengan kecepatan hingga 15 km/jam ketika mendeteksi adanya objek di depan.

Tidak hanya pada bagian depan saja, lampu belakang Mazda MX-5 Miata juga telah diperbarui dengan tampilan yang lebih segar. Mazda mengeklaim telah seluruh lampu yang ada pada Mazda MX-5 telah menggunakan LED, termasuk pada lampu sein.

Perubahan lain dapat di lihat pada sisi kiri gril depan, di mana mobil ini dimodifikasi untuk menampung sensor radar untuk kontrol kecepatan adaptif yang mendukung Smart Brake Support.

Sistem Smart Brake Support dapat secara otomatis menghentikan mobil saat mundur dengan kecepatan hingga 15 km/jam ketika mendeteksi objek di depan.

Perubahan eksterior lain yang dapat dijumpai pada Mazda MX-5 Miata terlihaat pada polesan warna cat Aero Gray Metallic dan desain roda baru dalam ukuran 16 dan 17 inci.

Soal interior, sistem infotainment Mazda MX-5 Miata didasarkan pada sistem baru berukuran 8,8 inci yang baru-baru ini diperkenalkan pada Mazda2 dan CX-3 2024 versi Jepang.

Sistem ini menghadirkan tampilan dashboard lebih modern berkat lebih tipis bezel. Ada juga interior baru berwarna coklat muda dengan atap krem ​​​​yang konon terinspirasi dari klasik Mazda Roadster.
Meski Mazda belum menyatakan secara gamblang, namun mobil tersebut tampaknya dibekali kaca spion tanpa bingkai, tombol SOS berwarna merah, dashboard custom yang diperbarui, serta port USB-C.
Perubahan lainnya termasuk penambahan mode DSC-Track pada sistem Kontrol Stabilitas Dinamis yang hanya akan aktif ketika pengemudi tidak lagi dapat mengendalikan kendaraannya.

Selain itu, mesin 1.5-liter (tidak tersedia di Amerika Serikat) telah mendapatkan peningkatan empat tenaga kuda jika menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan yang tinggi.

Sedangkan unit 2.0-liter yang lebih besar dengan transmisi manual dijanjikan mmapu memberikan respons yang lebih baik baik saat percepatan maupun perlambatan.

Peluncuran ND3 ini menandakan bahwa Miata generasi saat ini akan tetap tersedia, setidaknya beberapa tahun ke depan. Para pecinta Miata pasti akan menghargai keputusan ini mengingat Mazda mengatakan bahwa tidak ada cara lain kecuali mengelektrifikasi model generasi berikutnya untuk memenuhi peraturan emisi yang kian ketat.

Zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *