Pasang Iklan

Mau Beli Mobil Klasik? Ini 5+ Mobil Retro Terbaik dan Tips Merawatnya

Mau Beli Mobil Klasik? Ini 5+ Mobil Retro Terbaik dan Tips Merawatnya

zonatikus.com – Mobil klasik adalah mobil yang memiliki usia lebih dari 20 tahun dan memiliki nilai sejarah, estetika, atau teknologi yang tinggi. Itulah mengapa banyak orang tertarik memilikinya. Namun, tidak semua mobil jadul bisa dirawat oleh tangan pemula, lho. Kamu wajib tahu tipe-tipe mobil klasik yang murah, bagus, sekaligus mudah dipelihara kolektor pemula.

Berikut ini Jaka akan menjelaskan tipe-tipe mobil retro yang cocok untuk pemula karena gampang dirawat. Ketersediaan suku cadangnya juga banyak di pasaran, jadi kamu nggak perlu khawatir kalau ada komponen yang rusak. Tak lupa, akan ada sejumlah tips dan trik memilih mobil klasik terbaik yang patut kamu cermati.

Penasaran, kan? Yuk, langsung simak bersama ulasan selengkapnya di bawah ini!

Rekomendasi : LEON288 Agen Sbobet Online Terbaik 2024

1. Toyota Corolla DX

Toyota Corolla DX adalah salah satu mobil klasik yang paling populer di Indonesia. Mobil ini diproduksi dari tahun 1979 hingga 1983 dan memiliki desain yang ikonik dan sporty. Toyota Corolla DX juga memiliki mesin yang bandel dan irit bahan bakar, serta sparepart yang mudah ditemukan di pasaran. Harga Toyota Corolla DX berkisar antara Rp 40 juta hingga Rp 60 juta, tergantung kondisi dan kelengkapan surat-suratnya.

2. Vokswagen Beetle

Volkswagen Beetle adalah mobil klasik yang berasal dari Jerman dan memiliki bentuk yang unik dan lucu. Mobil ini diproduksi dari tahun 1938 hingga 2003 dan menjadi salah satu mobil terlaris sepanjang masa. Volkswagen Beetle memiliki mesin yang tangguh dan tahan lama, serta interior yang sederhana dan nyaman. Harga Volkswagen Beetle berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 100 juta, tergantung kondisi dan kelengkapan surat-suratnya.

3. Mini Morris

Mini Morris adalah mobil klasik yang berasal dari Inggris dan memiliki ukuran yang kecil dan kompak. Mobil ini diproduksi dari tahun 1959 hingga 2000 dan menjadi salah satu mobil paling ikonik di dunia. Mini Morris memiliki mesin yang responsif dan hemat bahan bakar, serta handling yang lincah dan menyenangkan. Harga Mini Morris berkisar antara Rp 80 juta hingga Rp 150 juta, tergantung kondisi dan kelengkapan surat-suratnya.

4. Mercedes Benz 280SE

Mercedes Benz 280SE adalah mobil klasik yang berasal dari Jerman dan memiliki desain yang elegan dan mewah. Mobil ini diproduksi dari tahun 1968 hingga 1972 dan menjadi salah satu mobil termahal di masanya. Mercedes Benz 280SE memiliki mesin yang bertenaga dan halus, serta fitur-fitur yang canggih dan berkualitas. Harga Mercedes Benz 280SE berkisar antara Rp 150 juta hingga Rp 200 juta, tergantung kondisi dan kelengkapan surat-suratnya.

5. BMW 318i E30

BMW 318i E30 adalah mobil klasik yang berasal dari Jerman dan memiliki desain yang sporty dan agresif. Mobil ini diproduksi dari tahun 1982 hingga 1994 dan menjadi salah satu mobil terbaik dari BMW. BMW 318i E30 memiliki mesin yang kuat dan responsif, serta suspensi yang stabil dan nyaman. Harga BMW 318i E30 berkisar antara Rp 100 juta hingga Rp 150 juta, tergantung kondisi dan kelengkapan surat-suratnya.

Alternatif Jenis Mobil Klasik Retro Terbaik untuk Pemula

Selain mobil-mobil di atas, masih banyak lagi alternatif opsi mobil retro jadul yang bisa kamu beli dengan harga terjangkau, yakni:

  • Toyota Carina (sekitar Rp 25 juta sampai Rp 40 juta)
  • Toyota Sprinter Twincam (Rp 30 juta sampai Rp 40 juta)
  • Nissan Cedric (Rp 30 juta sampai Rp 50 juta)
  • Mazda Luce (Rp 50 juta)
  • Volvo Wagon V70 (Rp 60 juta)

Tips Memilih dan Merawat Mobil Klasik

Masih bingung bagaimana cara menemukan mobil klasik terbaik dan cara merawatnya? Kamu nggak sendirian. Masalah tersebut memang kerap dihadapi oleh kolektor mobil retro pemula, geng.

Berikut ada beberapa tips dan trik jitu memilih dan merawat mobil klasik dari kolektor mobil retro profesional yang bisa kamu ikuti:

  • Lakukan riset dan cek kondisi mobil luar-dalam sebelum membeli. Kondisi mobil akan memengaruhi kesulitan dan kemudahan perawatannya ke depannya.
  • Pastikan masih banyak toko atau bengkel yang menjual sparepart dari mobil yang kamu beli.
  • Bandingkan harga mobil klasik dengan beberapa penjual untuk mendapatkan produk dengan harga terbaik.
  • Jangan langsung pilih muscle car. Belajarlah dari tipe mode retro sebagai permulaan.
  • Jangan langsung terpikat dengan harga murah. Tetap jeli dan cek kondisi mobil, karena mobil klasik yang terlalu murah biasanya mempunyai banyak masalah atau kerusakan.
  • Harus siap merawat mobil dengan rutin dan teliti. Mulai dari membersihkan hingga mengganti oli, filter, busi, dan komponen lainnya sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  • Harus siap mengeluarkan uang ekstra untuk biaya perawatan seluruh komponennya.
  • Bergabung dengan komunitas mobil klasik untuk mendapatkan lebih banyak wawasan seputar perawatan mobil.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa jenis mobil klasik berharga terjangkau yang cocok untuk pemula. Kamu bisa mempertimbangkan list serta tips di atas untuk memperlancar proses pencarian mobil retro idaman. Semoga bermanfaat!

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *