Pasang Iklan

Kawasaki Z7 Hybrid, Sensasi Moge Irit BBM dan Ramah Lingkungan!

Zonatikus.com – Kawasaki kembali mengejutkan dunia dengan meluncurkan motor hybrid electric vehicle (HEV) terbarunya, yaitu Z7 Hybrid. Motor ini merupakan versi naked bike dari Ninja 7 Hybrid yang sebelumnya sudah dirilis beberapa waktu lalu. Z7 Hybrid menawarkan konsep motor yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa dan sensasi berkendara.

Z7 Hybrid menggunakan mesin bensin dua silinder paralel berkapasitas 451 cc yang dikombinasikan dengan motor listrik 9 kW. Mesin bensin ini sebenarnya bukan mesin baru, melainkan mesin yang pernah dipakai oleh Kawasaki Eliminator pada tahun 1985.

Namun, mesin ini telah dimodifikasi dan dioptimalkan untuk bekerja sama dengan motor listrik. Dengan demikian, Z7 Hybrid mampu menghasilkan tenaga sekitar 58 Tk pada 10.500 rpm.

Z7 Hybrid memiliki tiga mode berkendara yang dapat dipilih oleh pengendara sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Mode pertama adalah mode listrik murni, di mana motor hanya mengandalkan motor listrik sebagai sumber tenaganya.

Mode ini menggunakan transmisi otomatis dan memiliki jangkauan sekitar 12 Km. Mode ini cocok untuk berkendara di kota yang padat dan menghemat bahan bakar.

Mode kedua adalah mode Eco-Hybrid, di mana mesin bensin dan motor listrik bekerja secara bersamaan untuk memberikan efisiensi bahan bakar yang tinggi. Mode ini juga memiliki pilihan transmisi otomatis atau manual.

Transmisi manual pada Z7 Hybrid tidak menggunakan kopling dan tuas persneling seperti motor konvensional, melainkan menggunakan tombol elektronik yang terletak di setang. Pengendara dapat mengganti gigi dengan menekan tombol naik atau turun.

Mode ketiga adalah mode Sport, di mana Z7 Hybrid memberikan performa maksimal dari kedua sumber tenaganya. Mode ini juga memiliki fitur e-boost, yang dapat meningkatkan tenaga motor menjadi 68,5 Tk selama kurang lebih lima detik. Mode ini cocok untuk berkendara di jalan yang sepi dan menikmati akselerasi yang responsif.

Konsumsi Bahan Bakar Irit

Keunggulan utama dari Z7 Hybrid adalah konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit. Kawasaki mengklaim bahwa motor ini memiliki konsumsi bahan bakar yang setara dengan motor bensin di kelas 250 cc dengan performa setara 750 cc.

Selain itu, Z7 Hybrid juga memiliki emisi gas buang yang lebih rendah daripada motor bensin biasa. Dengan demikian, Z7 Hybrid merupakan motor yang ramah lingkungan dan hemat biaya.

Selain itu, Z7 Hybrid juga memiliki harga yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp 200 juta. Harga ini jauh lebih tinggi daripada motor bensin di kelas yang sama. Kalau kamu cukup peduli dengan lingkungan dan ingin mencoba sesuatu yang baru, motor ini mungkin bisa jadi pilihan!

Zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *