Pasang Iklan

Hati-hati Mobil Listrik Mogok, Begini Cara Mencegahnya!

Zonatikus.com – Mobil listrik menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energi. Meski memiliki sejumlah keunggulan, seperti ramah lingkungan, efisiensi biaya, serta perawatan yang mudah, mobil listrik tetap memiliki kemungkinan mengalami kendala, seperti terhenti di tengah perjalanan.

Pengalaman mobil listrik mogok sudah terjadi beberapa kali. Salah satu yang pernah mengalaminya adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Apa yang menjadi penyebab terhentinya mobil listrik? Bagaimana caranya agar insiden semacam itu dapat dicegah dan diatasi? Temukan jawabannya dalam penjelasan berikut ini!

Penyebab Mobil Listrik Mogok

Di media sosial, beredar banyak unggahan pengguna yang membagikan pengalaman mobil listrik mogok yang mereka alami. Beberapa di antaranya adalah netizen yang mengeluhkan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 mogok, termasuk juga yang dialami oleh Sandiaga Uno.

Memangnya apa saja penyebab mobil listrik mogok?

1. Baterai habis

Ini adalah penyebab paling umum dari mobil listrik mogok. Baterai mobil listrik adalah komponen utama yang menyimpan dan mengeluarkan energi listrik untuk menggerakkan motor listrik. Jika baterai habis, maka motor listrik tidak akan berfungsi dan mobil tidak bisa berjalan.

2. Aki mati

Aki adalah baterai kecil yang berfungsi untuk menyuplai arus listrik ke sistem kelistrikan mobil, seperti lampu, klakson, radio, dan lain-lain. Aki juga berperan dalam proses start-stop mobil listrik. Jika aki mati, maka sistem kelistrikan mobil akan terganggu dan mobil tidak bisa dinyalakan.

3. Motor listrik rusak

Motor listrik adalah komponen yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik untuk menggerakkan roda. Motor listrik adalah komponen yang paling vital dan paling banyak bekerja di mobil listrik. Jika motor listrik rusak, maka mobil listrik tidak akan bisa bergerak sama sekali.

4. Kabel putus atau konslet

Kabel adalah komponen yang menghubungkan baterai, aki, motor listrik, dan sistem kelistrikan lainnya. Jika kabel putus atau konslet, maka aliran listrik akan terputus atau terganggu dan mobil listrik bisa mogok.

5. ECU rusak

Unit Kontrol Elektronik (Electronic Control Unit/ECU) memiliki peran penting dalam mengelola aspek listrik pada kendaraan bertenaga listrik. Kegagalan ECU dapat menyebabkan kendaraan mati total, sehingga menjaga keandalan komponen ini menjadi suatu keharusan.

Agar ECU tetap berfungsi optimal, disarankan untuk mengurangi penggunaan kendaraan listrik secara berlebihan. Selain itu, rutinlah membawa kendaraan Anda ke bengkel untuk menjalani perawatan berkala guna mencegah kerusakan pada ECU.

Cara Mencegah Mobil Listrik Mogok

Mobil listrik mogok bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Rutin mengecek kondisi baterai

Baterai adalah sumber energi utama mobil listrik, sehingga harus selalu dalam kondisi baik dan penuh. Kamu harus rutin mengecek kapasitas, tegangan, suhu, dan kesehatan baterai. Kamu juga harus mengisi ulang baterai secara teratur dan tidak sampai habis.

2. Rutin mengecek kondisi aki

Aki adalah baterai kecil yang menyuplai arus listrik ke sistem kelistrikan mobil. Kamu harus rutin mengecek tegangan, air aki, dan terminal aki. Kamu juga harus mengganti aki jika sudah lemah atau rusak.

3. Rutin mengecek kondisi motor listrik

Motor listrik adalah komponen yang menggerakkan roda mobil listrik. Kamu harus rutin mengecek suara, getaran, dan panas motor listrik. Kamu juga harus membersihkan dan melumasi motor listrik secara berkala.

4. Rutin mengecek kondisi kabel

Kabel adalah komponen yang menghubungkan baterai, aki, motor listrik, dan sistem kelistrikan lainnya. Kamu harus rutin mengecek keutuhan, kebersihan, dan kekencangan kabel. Kamu juga harus mengganti kabel jika sudah rusak atau terbakar.

Akhir Kata

Demikian artikel tentang cara mencegah mobil listrik mogok dan tips mengatasinya yang bisa kami sampaikan. Intinya sih, kendaraan jenis apa pun harus diperhatikan cara merawatnya ya, geng. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin membeli mobil listrik.

Zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *