Pasang Iklan

Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Tahun 2023, Laku Ribuan Unit!

Daftar Mobil Listrik Terlaris di Indonesia Tahun 2023, Laku Ribuan Unit!

Zonatikus.com – Daftar mobil listrik terlaris di Indonesia tahun 2023 bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan membeli kendaraan roda empat ramah lingkungan ini.

Seperti kita ketahui, harga mobil listrik cenderung lebih mahal dibandingkan mobil konvensional. Oleh karena itu, jika ada mobil listrik yang laris di pasaran, tentu akan memiliki keunikan tersendiri di mata konsumen.

Padahal, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari hingga Juni 2023, penjualan grosir (distribusi pabrik ke dealer) mobil listrik di air tercatat sebanyak 5.849 unit.

Nah jika Anda penasaran ingin tahu mobil listrik Indonesia mana yang paling banyak dibeli antara Januari hingga Juni 2023 berdasarkan data grosir dari Gaikindo. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Hyundai IONIQ 5

Pertama-tama, Hyundai IONIQ 5 merupakan generasi terbaru dari lini IONIQ. Dengan jarak tempuh 384 km, mobil tersebut terjual 3.543 unit dalam enam bulan.

Artinya, mobil listrik Hyundai menyumbang lebih dari 60% total pasar mobil listrik murni, tepatnya 60,56%.

Hyundai IONIQ 5 sendiri sudah populer secara global, khususnya di Eropa. Oleh karena itu, wajar jika lini mobil ini menjadi salah satu model mobil listrik terlaris di dunia dan Indonesia pada khususnya.

Jika ingin memilikinya perlu menyiapkan dompet karena harga mobil listrik Hyundai Rp 718 juta untuk varian Standard Range.

2. Wuling Air EV Long Range

Wuling Air EV Long Range saat ini mendominasi pasar kendaraan listrik di Indonesia. Mobil listrik besutan pabrikan asal China ini mengalahkan kompetitornya dengan total penjualan 1.654 unit!

Padahal, Wuling Air EV sendiri tergolong kendaraan listrik yang baru diluncurkan. Selain itu ukurannya juga sangat kecil dengan daya tampung muatan dibatasi hanya untuk 4 orang dewasa.

Namun dari segi spesifikasi, mobil listrik Wuling cukup bertenaga karena mampu menempuh jarak 300 meter dalam sekali pengisian daya. Lebih dari cukup jika digunakan untuk kebutuhan perjalanan sehari-hari seperti pulang pergi dalam kota. Dari segi harga, mobil ini dibanderol Rp 295 juta untuk varian Long Range.

3. BMW iX

BMW iX merupakan mobil sport (SAV) dengan baterai lebih dari 70 kWh. Dengan pengaturan tersebut, kendaraan mampu menempuh jarak hingga 420 km atau setara PP Jakarta-Cirebon dalam sekali pengisian daya.

Selain itu, BMW iX xDrive40 Sport juga dilengkapi dengan motor listrik yang dirancang khusus sehingga memberikan dampak positif pada karakteristik pengoperasian kendaraan. Sepeda motor listrik tersebut berkapasitas 326 tenaga kuda dan torsi 630 Nm. Tak heran jika akselerasi 0 hingga 100 km/jam mampu dicapai dalam waktu 6,1 detik.

Kendaraan listrik ini bukanlah varian murahan. BMW iX saat ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 2,3 miliar. Sedangkan pada semester I 2023, penjualan BMW iX mencapai 178 unit.

4. Toyota bZ4x

Toyota bZ4X merupakan model SUV listrik hasil kerjasama Toyota dan Subaru. Mobil ini memiliki desain futuristik, performa stabil, fitur canggih dan ramah lingkungan. Mobil ini juga memiliki jangkauan yang cukup jauh dan waktu pengisian baterai yang cepat.

Kecepatan maksimal yang bisa dicapai Toyota bZ4X adalah 160 km/jam. Model mobil listrik ini juga mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 7,5 detik atau 8,3 detik. Ada pula baterai Lithium-ion 355 volt dengan total kapasitas 71,4 kWh.

Versi FWD model ini memiliki jangkauan sekitar 500 km, sedangkan versi AWD memiliki jangkauan sekitar 460 km. Pada paruh pertama tahun 2023, Toyota bZ4x terjual 155 unit.

5. Nissan Leaf

Meski bukan model mobil listrik terbaru Nissan, Nissan Leaf tetap digandrungi banyak orang. Memang desain dan performanya masih terbilang keren saat ini.

Dibekali baterai lithium-ion 40 kWh dengan fungsi pengisian cepat hanya dalam 40 menit, model BEV ini sukses terjual 61 unit pada tahun ini.

Padahal, dibanderol Rp 730 jutaan, Nissan Leaf tidak tergolong mobil listrik murah Indonesia. Tentu saja angka penjualan masih bisa meningkat seiring berjalannya waktu.

6. DFSK Gelora E

Masuk dalam jajaran mobil listrik murah di Indonesia, kehadiran DFSK Gelora E cukup membuat heboh dengan total penjualan sebanyak 51 unit pada tahun ini.

Meski hanya terjual satu mobil, namun tetap menjadi catatan bagus karena merupakan kendaraan serba guna yang berukuran besar dan panjang seperti minibus.

Model kendaraan listrik ini juga memiliki dua varian: Minibus dan Blind Van. Gelora E sendiri dibekali baterai berkapasitas 42 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 300 km jika baterainya penuh.

Harga varian Blind Van dipatok Rp 490 jutaan, sedangkan varian Minibus dibanderol Rp 520 jutaan. Jika Anda membutuhkan mobil yang fungsional, mobil listrik ini bisa menjadi pilihan menarik.

7. MINI Electric

MINI Indonesia baru saja resmi meluncurkan model mobil listrik pertamanya yang diberi nama MINI Electric. Mobil ini pun sukses menjadi perbincangan banyak kalangan.

Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya pesanan lini mobil kelas atas tersebut. Dengan harga Rp 945 juta untuk kendaraan off-road, kendaraan tersebut dibeli sebanyak 39 unit.

Meski berbeda jauh dengan angka penjualan dua mobil listrik sebelumnya, namun rekor ini terbilang luar biasa karena harga mobilnya bisa mencapai Rp 1 miliar lebih jika ditambah pajak. Faktor yang menjadikannya bernilai mungkin karena tenaga dan torsinya sangat mirip dengan MINI Cooper S 3 pintu. Tenaganya 184 DK pada 7.000 rpm dan torsi 270 Nm antara 100 hingga 1.000 rpm.

8. Lexus UX300e

Lexus UX300e dibekali baterai lithium-ion 54,4 kWh yang mampu mengisi daya dari kosong hingga 100 dalam waktu 80 menit dengan charger 54 kilowatt (kW) dan dalam 14 jam dengan charger 200 volt/16 amp. Jika listrik Anda memiliki watt yang lebih tinggi, mungkin akan lebih cepat lagi.

Dengan konfigurasi tersebut, Lexus sport elektrifikasi ini mampu menghasilkan tenaga 201 tenaga kuda dan torsi maksimal 300 Nm. Jangkauannya mencapai 300 km dengan sekali pengisian daya.

Memiliki tampilan yang sangat mewah, mobil ini dijual Rp 1,4 miliar dan terjual 30 unit pada tahun ini.

Daftar Mobil Listrik Terlaris 2023 Selengkapnya

Dari total 5.849 kendaraan listrik yang terjual di Indonesia sepanjang Januari hingga Juni 2023, sebagian juga menggunakan teknologi hybrid. Salah satunya adalah Toyota bZ4X yang terjual sebanyak 155 unit.

Berikut data lengkap penjualan kendaraan listrik tahun 2023:

  1. Hyundai Ioniq 5 3.543 unit
  2. Wuling Air ev 1.654 unit
  3. BMW iX 178 unit
  4. Toyota bZ4x 155 unit
  5. Nissan Leaf 61 unit
  6. DFSK Gelora E 51 unit
  7. Mercedes-Benz EQS 44 unit
  8. BMW i4 39
  9. MINI E 39 unit
  10. Lexus UX 300e 30 unit
  11. KIA EV6 22 unit
  12. Mercedes-Benz EQE 18 unit
  13. Lexus RZ 6 unit
  14. MG ZS EV 3 unit
  15. Genesis G80 1 unit
  16. Toyota RAV 4 GR-S 1 unit

Akhir Kata

Inilah daftar kendaraan listrik terlaris di Indonesia tahun 2023 berdasarkan data grosir. Tentunya ada beberapa faktor yang membuat mobil-mobil di atas banyak dibeli seperti harganya yang murah atau spesifikasinya yang bagus.

Meski angka keseluruhannya terbilang kecil dibandingkan penjualan mobil konvensional, namun angka tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. Semoga semakin banyak konsumen yang beralih menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan ya.

Referensi lain seputar kendaraan listrik terbaik juga bisa kamu cari melalui artikel Jaka yang berjudul

Zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *