Pasang Iklan

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Resmi Terdaftar di OJK

Zonatikus.com – Butuh dana segera? Aplikasi pinjaman online dapat menjadi alternatif terbaik. Hanya dengan menggunakan KTP, kamu bisa langsung mendapatkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhanmu!

Berkembangnya pinjol saat ini sejalan dengan munculnya entitas yang tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati dalam memilihnya.

Tapi jangan khawatir, Jaka telah menyediakan rekomendasi aplikasi pinjaman online terpercaya 2023 yang sudah terdaftar di OJK. Dengan daftar ini, kamu bisa memilih dengan nyaman dan tanpa takut terkena penipuan!

1. Jenius

Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan digital yang diluncurkan oleh Bank BTPN pada 11 Agustus 2016. Aplikasi ini membantu penggunanya melakukan aktivitas finansial seperti menabung, bertransaksi, mengatur keuangan, hingga memiliki rekening bank.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan para penggunanya untuk bisa melakukan pinjaman online melalui fitur Flexi Cash. Nasabah Jenius terpilih bisa mengajukan fasilitas pinjaman melalui aplikasi Jenius.

Saat ini, Jenius BTPN memberikan pinjaman Flexi Cash mulai dari Rp500 ribu sampai Rp200 juta. Kamu bisa ajukan pinjaman online limit hingga Rp200 juta bunga rendah hanya 1,75 persen saja tanpa jaminan.

Kamu hanya memerlukan KTP sebagai satu-satunya persyaratan dokumen yang dibutuhkan dalam aplikasi ini. Persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah batas minimal usia yang berada di angka 21 tahun.

KeteranganJenius
Nominal PinjamanRp500 ribu-Rp200 juta
Tenor1 bulan – 36 bulan
Bunga0,99% – 3,50% per bulan

Download Aplikasi Jenius

2. Shopee Pinjam

Shopee Pinjam atau SPinjam adalah layanan pinjam tunai dari platform Shopee bagi para pengguna. Fasilitas pinjaman tunai ini kolaborasi antara Shopee dengan PT Lentera Dana Nusantara dan sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berbeda dengan fitur Shopee Pay Later, Shopee Pinjam (SPinjam) dikhususkan bagi pengguna terpilih Shopee untuk mengajukan pinjaman tunai. SPinjam menawarkan layanan pengajuan yang mudah, bunga rendah, serta cicilan bulanan dengan tenor 2 atau 3 bulan untuk pengguna umum serta 6 dan 12 bulan untuk pengguna tertentu.

Tidak semua pengguna Shopee dapat menggunakan SPinjam. Pasalnya, layanan ini masih diberikan di wilayah tertentu dan hanya diberikan bagi pengguna yang aktif dalam bertransaksi di Shopee.

KeteranganShopee Pinjam
Nominal PinjamanHingga Rp15.000.000,-
Tenor2 bulan – 12 bulan
Bungamulai 1,95%

Download Aplikasi Shopee

3. Tokopedia

Tokopedia ternyata juga menyediakan layanan pinjaman uang tunai, selain hadir sebagai platform marketplace. Melalui fitur bernama Dana Instan, para pengguna Tokopedia bisa mendapatkan alternatif sumber dana darurat.

Pinjaman online Tokopedia adalah program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman. Para pengguna Tokopedia bisa mengajukan permohonan pinjaman dana secara online melalui situs atau aplikasi.

Menurut informasi dari laman resminya, pinjaman online Tokopedia sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pinjaman online Tokopedia ini sendiri difasilitasi oleh perusahaan pinjol Finmas dan KreditPintar.

Tokopedia menawarkan pinjaman dana dengan bunga pinjaman mulai dari 2,72 persen per bulan. Persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa meminjam dana di Tokopedia, seperti KTP, slip gaji, dan Warga Negara Indonesia.

KeteranganTokopedia
Nominal PinjamanHingga Rp6.000.000,-
Tenor2 bulan – 6 bulan
Bunga2,72% – 3,40%

Download Aplikasi Tokopedia

4. UangMe

UangMe adalah layanan peer-to-peer (P2P) lending yang dikembangkan oleh PT UangMe Fintek Indonesia. Sejak didirikan pada 2018, platform ini sudah mendapatkan izin OJK dengan nomor surat SK : KEP-4/D.05/2021.

Produk UangMe terdiri dari pinjaman dana tunai dan PayLater. Selain itu, platform ini juga menyediakan layanan lender untuk siapa saja yang ingin mengembangkan dananya.

Selain sudah berizin OJK, website resmi UangMe memuat informasi jajaran direksi dan komisaris PT UangMe Fintek Indonesia. Terdapat juga informasi pemegang saham di perusahaan ini, yaitu PT Intidana Wijaya dan Pixiu Technology Ltd.

KeteranganUangMe
Nominal PinjamanRp400 ribu ribu – Rp20 juta
Tenor91-120 hari
Bunga21,9% per tahun

Download Aplikasi UangMe

5. AdaKami

AdaKami merupakan salah satu platform Peer-to-Peer (P2P) lending atau pinjaman online yang dikembangkan oleh PT Pembiayaan Digital Indonesia. Aplikasi ini sudah mendapat izin beroperasi dari OJK sejak 13 Desember 2019.

TKB90 milik AdaKami mencapai 99,89%. TKB90 adalah ukuran tingkat keberhasilan penyelenggara P2P lending dalam menfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu sampai dengan 90 hari terhitung sejak jatuh tempo.

Hingga kini, aplikasi AdaKami tercatat telah menyalurkan pinjaman hingga belasan triliun dengan pengguna mencapai lebih dari 2 juta orang. Aplikasi ini sendiri menawarkan tenor cicilan mulai dari 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan dengan limit hingga Rp20 juta.

KeteranganAdaKami
Nominal PinjamanRp3 juta ribu-Rp20 juta
Tenor3 bulan – 12 bulan
Bunga3% per bulan

Download Aplikasi AdaKami

6. Kredivo

Kartu kredit digital pertama yang Jaka rekomendasikan adalah Kredivo. Aplikasi satu ini bisa kamu gunakan untuk belanja di merchant e-Commerce yang kamu inginkan.

Cara pendaftaran Kredivo mudah dan cepat banget karena bisa dilakukan lewat aplikasi pinjol bunga rendah ini di HP. Kredivo juga memiliki sistem dengan tingkat keamanan setara bank.

Kamu bisa memilih tenor pinjaman yang kamu inginkan, mulai dari 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Bunganya juga cukup kecil, yaitu 2,95% saja. Kamu juga nggak perlu membayar DP barang yang ingin kamu beli. Cicilan bakal langsung disesuaikan dengan lama tenor dan besarnya pinjaman.

Jaka punya tips biar kamu bisa daftar Kredivo dengan mudah dan cepat disetujui. Kamu cukup mengikuti panduan yang Jaka tulis di artikel Cara Daftar Kredivo Dengan Mudah 2021 | Dijamin 99,9% Lolos!.

KeteranganKredivo
Nominal PinjamanRp1,5 juta-Rp30 juta
Tenor1 bulan – 12 bulan
Bunga0% – 2,95% perbulan

Download Aplikasi Kredivo

7. Akulaku

Pinjaman online pribadi berupa kartu kredit digital berikutnya adalah Akulaku. Melalui aplikasi ini, kamu dapat membeli barang dengan cicilan di merchant yang bekerja sama dengan Akulaku.

Cara mengajukan kredit HP online atau barang lainnya di Akulaku sangat mudah. Setelah kamu download dan install aplikasi Akulaku, kamu cuma harus mengupload foto KTP dan ID Card karyawan.

Setelah disetujui, kamu bisa belanja di merchant seperti blibli.com, Bukalapak, Tokopedia, dan lain sebagainya. Selain untuk mencicil, kamu juga bisa melakukan pinjaman online, lho.

Untuk mencicil tanpa kartu kredit, kamu diwajibkan untuk membayar DP hingga 15% dulu. Aplikasi pinjaman online bunga rendah tenor panjang ini punya limit hingga Rp20 juta.

KeteranganAkulaku
Nominal PinjamanHingga Rp20.000.000,-
Tenor1 bulan – 15 bulan
Bunga1% – 40%

Download Aplikasi Akulaku

8. Modalku

Modalku adalah platform pendanaan digital bagi UMKM berbasis teknologi finansial di Indonesia. Cara kerja Modalku adalah menghubungkan UMKM berpotensi dengan pendana agar mereka bisa saling mendukung.

Bunga yang ditawarkan cukup rendah hingga 17% saja per tahun. Tenornya juga tersedia mulai dari 1-24 bulan. Kamu bisa pinjam dana rendah mulai dari Rp100.000, dan risiko terkendali dengan proses yang mudah.

Tak cuma di Indonesia, tapi Modalku juga sudah hadir di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Jadi, dipastikan sudah aman dan diawasi OJK, ya!

KeteranganModalku
Nominal Pinjamanmulai dari Rp100.000
Tenor1 bulan-24 bulan
Bungahingga 17% per tahun

Download Aplikasi Modalku

9. Home Credit

Bagi kamu yang ingin mencicil tanpa kartu kredit, kamu juga bisa coba melalui aplikasi pinjol bunga kecil Home Credit.

Untuk mengajukan cicilan, modalnya cukup KTP dan satu dokumen pendukung seperti kartu keluarga, buku tabungan, SIM, dan sebagainya, lho!

Setelah itu, kamu bisa belanja di merchant-merchant yang bekerja sama dengan Home Credit dan dapatkan cicilan mulai dari 10 bulan sampai 18 bulan.

KeteranganHome Credit
Nominal PinjamanRp750 ribu-Rp20 juta
Tenor10 bulan-18 bulan
Bungamulai dari 0% perbulan

Download Aplikasi Home Credit

10. JULO

Kalau tadi bahas kartu kredit digital, sekarang ada aplikasi pinjaman online langsung cair tanpa ribet. Rekomendasi pertama adalah JULO yang bisa memberikan pinjaman hingga Rp15 juta.

Cukup dengan mengunduh aplikasinya ke HP kamu, isi data pribadi, dan menunggu proses verifikasi yang cepat, kamu bisa langsung mendapatkan uang tunai dalam waktu kurang dari 28 jam.

Terdapat beberapa persyaratan untuk melakukan pinjaman melalui JULO. Di antaranya adalah pendapatan minimum per bulan Rp2 juta dan rentang usia 21-60 tahun. Cara daftar aplikasi ini bisa kamu baca secara lengkap di artikel Cara Pinjam Uang di JULO, Limit Hingga Rp15 Juta Bunga Mulai 0,1% per Hari!, ya.

KeteranganJULO
Nominal PinjamanRp500.000,- – Rp15.000.000,-
Tenor3 bulan hingga 9 bulan
Bunga4% – 7% per bulan

Download Aplikasi JUDO

11. PinjamanGo

Aplikasi pinjaman online OJK 2023 yang juga Jaka rekomendasikan adalah PinjamanGo. Selain sudah diawasi langsung oleh OJK, aplikasi ini merupakan salah satu layanan fintech dari Sinar Mas, loh.

Pada dasarnya, aplikasi ini memiliki sistem seperti platform khusus yang mempertemukan peminjam dengan pemberi pinjaman. Lantaran semua prosesnya dilakukan secara digital, kamu pun dapat menghemat waktu serta menghasilkan biaya yang ringan untuk setiap penggunanya.

Setelah dana cair, kamu bisa langsung membeli kebutuhanmu melalui aplikasi jual beli online, atau membelinya langsung di store resminya.

KeteranganPinjamanGo
Nominal PinjamanMaksimal Rp6.000.000,-
TenorHingga 14 hari
Bunga0.8% per hari

Download Aplikasi PinjamanGo

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya 2023

  1. Jenius
  2. Shopee Pinjam
  3. Tokopedia
  4. UangMe
  5. AdaKami
  6. Kredivo
  7. Akulaku
  8. Modalku
  9. Home Credit
  10. JULO
  11. PinjamanGo

Penutup Kata

Itulah daftar aplikasi pinjaman online dengan bunga paling rendah yang bisa kamu gunakan. Tak perlu khawatir lagi akan terjerat bunga tinggi mencekik, karena aplikasi-aplikasi tersebut sudah terdaftar dan diawasi OJK.

Kenapa harus terdaftar di OJK? Tentu saja agar transaksi keuangan yang kamu lakukan di aplikasinya dapat berjalan dengan aman. Aplikasi pinjol yang ada terdata di OJK memiliki payung hukum lebih jelas dan aman.

Meski begitu, jangan sampai aplikasi resmi ini malah bikin kamu kalap dan meminjam uang yang nominalnya tak sesuai dengan kemampuan bayar. Hati-hati dan selalu lakukan perhitungan yang tepat sebelum pinjam dana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *