Pasang Iklan

Cara Menghidupkan Motor NMAX: Solusi Aki Soak yang Harus Kamu Ketahui

Prologue:

zonatikus.com Apakah kamu sedang mengalami masalah dengan motor NMAX-mu yang tidak bisa dinyalakan karena aki soak? Tenang, meskipun motor ini tidak dilengkapi dengan kick starter, ada cara untuk menghidupkan motor NMAX meskipun aki-nya sudah soak. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan solusi lengkap dan cara yang harus diketahui oleh semua pengguna motor NMAX dan sejenisnya. Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi penting di bawah ini!

**1. **Apa itu Aki Motor dan Fungsinya?****

Aki pada sepeda motor berfungsi sebagai bagian yang menyimpan arus listrik yang digunakan untuk menyalakan rangkaian kelistrikan di tempat-tempat yang tidak memiliki sumber listrik. Selain itu, aki juga memiliki fungsi lain yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  • Menyalakan mesin motor menggunakan starter elektrik.
  • Memberikan pasokan daya arus ke dashboard panel sebagai sistem informasi terkait dengan kondisi kendaraan.
  • Untuk motor injeksi, fungsi aki adalah memberikan pasokan daya ke ECU atau Engine Control Unit.
  • Menyalakan Fuel Pump saat motor injeksi akan di-starter.
  • Membuka dan mengunci door lock yang diaktifkan dengan kunci kontak.
  • Memberi arus induksi pada rotor alternator.

**2. **Berapa Lama Umur Aki NMAX?****

NMAX generasi pertama telah hadir selama sekitar 5 tahun. Bagi pemilik motor NMAX generasi pertama, banyak yang mungkin sudah mengalami gejala aki soak atau mati. Aki bawaan ini memiliki umur pakai yang lebih lama, namun jika sudah diganti dengan aki merek lain yang tidak standar, umurnya bisa menjadi lebih pendek.

Agar kamu tidak perlu mendorong motor di jalan karena masalah aki yang soak, penting untuk mengetahui tanda-tanda bahwa aki motor perlu diganti, terutama untuk motor tanpa kick starter seperti NMAX ini.

**3. **Tanda-tanda Aki Motor Perlu Diganti****

  • Usia Pakai Lebih dari 2 Tahun: Aki sebenarnya memiliki masa pakai mulai dari 1.5 hingga 2 tahun. Setelah melewati 2 tahun, atau ketika aki mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan performa, sebaiknya segera cek dan ganti aki dengan yang baru. Lebih baik menggantinya sekarang daripada harus menunggu sampai motor tiba-tiba mogok.
  • Starter Elektrik Tidak Berfungsi: Jika aki sudah mulai rusak, maka motor akan sulit atau bahkan tidak bisa dinyalakan menggunakan starter elektrik. Mungkin juga butuh beberapa kali percobaan untuk menghidupkan motormu.
  • Klakson Kurang Nyaring dan Lampu Redup: Masalah aki soak juga dapat berpengaruh pada suara klakson yang kurang nyaring atau bahkan hampir tidak terdengar dan lampu motor yang redup. Jika motormu menunjukkan tanda-tanda ini, jangan anggap remeh dan segera bawa ke bengkel.

**4. **Cara Menghidupkan NMAX yang Aki-nya Soak****

Meskipun motor NMAX hanya dilengkapi dengan starter elektrik dan rawan membuat penggunanya khawatir jika tiba-tiba mogok, ternyata ada cara untuk menghidupkan motor NMAX meskipun aki-nya sudah soak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan metode jumper. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kamu memiliki kabel jumper yang bisa menghubungkan aki yang rusak dengan aki yang masih sehat.
  2. Sambungkan terminal positif (+) dari aki yang rusak ke terminal positif (+) dari aki yang sehat.
  3. Sambungkan terminal negatif (-) dari aki yang rusak ke terminal negatif (-) dari aki yang sehat.
  4. Setelah terhubung dengan benar, coba nyalakan motor seperti biasa menggunakan starter elektrik.

Selain metode jumper, ada juga cara lain yang dapat mengatasi masalah motor mogok akibat aki soak, yaitu dengan menggunakan teknik engine brake. Caranya adalah dengan mendorong motormu sampai mencapai kecepatan tertentu lalu masukkan ke gigi kedua.

Namun, perlu diingat bahwa metode ini tidak berlaku untuk motor matic karena engine brake hanya berfungsi jika putaran mesin sudah di atas 2.000 rpm. Jika kondisinya tidak mendesak, disarankan untuk segera membawa motormu ke bengkel untuk diperiksa atau memperoleh perawatan lebih lanjut.

**5. **Rekomendasi Aki Yamaha NMAX****

Jika aki motor NMAX-mu memang perlu diganti dan kamu bingung memilih merek aki apa yang sebaiknya dipilih, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihanmu. Rekomendasi ini juga dilengkapi dengan harga-harganya agar kamu dapat menyesuaikannya dengan anggaran yang dimiliki.

  1. Bosch AGM RBTZ7S MF: Jenis aki maintenance-free yang ideal untuk berbagai kebutuhan kelistrikan sepeda motor dan dapat beradaptasi dengan mudah di kondisi jalan yang ekstrem. Harganya berkisar Rp180 ribuan.
  2. MTZ7V MOTOBATT: Aki Motobatt dengan voltase 12 Volt dan kapasitas 7 Ampere. Ukurannya sama dengan aki standar bawaan pabrik. Harganya sekitar Rp300 ribuan.
  3. Motobatt MTZ 6S: Aki Motobatt dengan desain Amerika yang merupakan nomor satu di Australia dan Selandia Baru. Aki ini juga menjadi satu-satunya aki gel di Indonesia yang memiliki Ampere lebih tinggi dari aki motor sejenisnya. Harganya sekitar Rp200 ribuan.
  4. Yuasa YTZ7V: Aki kering Yuasa YTZ7V dikemas terpisah dengan elektrolit dari pabrik dalam kemasan fresh pack, sehingga benar-benar aktif dan siap digunakan setelah elektrolit diisikan ke dalam aki. Harganya sekitar Rp540 ribuan.
  5. Fujiku Battery MF GTZ7S: Aki Fujiku berukuran kompak dengan spesifikasi voltase 12 Volt, 6.5 Ampere, dan CCA 206. Cocok untuk berbagai kebutuhan kelistrikan sepeda motor dan dapat beradaptasi dengan mudah di kondisi jalan yang ekstrem. Harganya sekitar Rp170 ribuan.

Kamu dapat membeli aki Yamaha NMAX di Blibli yang menyediakan promo menarik seperti potongan harga dan gratis ongkos kirim. Selain itu, Blibli juga menyediakan jasa ganti aki di bengkel dengan tarif hanya Rp10 ribuan. Jangan lewatkan kesempatan emas ini dan segera belanja di Blibli. Jangan lupa untuk mencari tahu info terbaru tentang Promo 12th Anniversary Blibli untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik!

akhir kata

Dalam artikel ini, telah dibahas cara menghidupkan motor NMAX yang aki-nya soak dengan menggunakan metode jumper atau teknik engine brake. Selain itu, juga disertakan rekomendasi aki Yamaha NMAX yang bisa menjadi pilihanmu jika perlu mengganti aki motormu. Jadi, jika kamu mengalami masalah serupa, tidak perlu khawatir karena ada solusi yang dapat membantu kamu mengatasi masalah tersebut.

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kondisi aki secara berkala agar performa motor tetap baik dan terhindar dari masalah mogok akibat aki soak. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi para pengguna motor NMAX dan dapat membantu menjaga kendaraan mereka tetap dalam kondisi prima!

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *