Pasang Iklan

Cara Memunculkan Pesan WA yang Dihapus: Panduan Lengkap 2023

Pendahuluan

zonatikus.com Apakah kamu pernah mengalami situasi di mana seseorang menghapus pesan WhatsApp yang sudah dikirim sebelum kamu sempat membacanya? Hal ini bisa sangat menjengkelkan dan menimbulkan rasa penasaran tentang apa isi pesan tersebut. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memunculkan pesan WhatsApp yang dihapus. Kami akan menjelaskan beberapa metode yang bisa kamu gunakan, baik dengan atau tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Metode 1: Ekspor Riwayat Chat

Metode pertama yang dapat kamu gunakan adalah dengan melakukan ekspor riwayat chat melalui fitur “ekspor chat” di WhatsApp. Fitur ini tersedia untuk pengguna Android maupun iOS. Dengan memilih kontak tertentu dan memilih opsi untuk menyertakan media, pengguna dapat mencadangkan riwayat chat mereka dan melihat pesan yang dihapus dengan mengakses file cadangan tersebut.

Berikut adalah langkah-langkahnya: 1. Buka aplikasi WhatsApp di ponselmu. 2. Pilih kontak atau grup chat yang ingin kamu lihat pesannya. 3. Pada layar chat, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas. 4. Pilih opsi “Lebih” dan kemudian pilih “Ekspor chat”. 5. Kamu akan diberikan opsi untuk menyertakan media (foto, video) dalam cadangan chat atau tidak. Pilih sesuai keinginanmu. 6. Setelah itu, tunggu proses ekspor selesai. 7. Setelah selesai, kamu akan mendapatkan file cadangan chat dalam format .txt. Buka file tersebut untuk melihat pesan yang dihapus.

Metode 2: Gunakan Fitur Notifikasi

Metode kedua yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan fitur notifikasi pada ponsel Android versi 11 ke atas. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat pesan yang dihapus dalam waktu 24 jam setelah menerimanya. Namun, perlu dicatat bahwa fitur ini tidak dapat mengembalikan file media seperti foto atau video.

Berikut adalah langkah-langkahnya: 1. Pastikan ponselmu menggunakan sistem operasi Android versi 11 ke atas. 2. Buka menu Pengaturan (Settings) di ponselmu. 3. Cari dan buka opsi “Notifikasi” atau “Pemberitahuan”. 4. Temukan opsi bernama “Riwayat Notifikasi” atau “Notification History” dan aktifkan fitur tersebut. 5. Setelah itu, ketika kamu menerima pesan WhatsApp dan pengirimnya menghapusnya, kamu dapat membuka riwayat notifikasi untuk melihat pesan yang dihapus.

Metode 3: Cadangkan Pesan ke Google Drive

WhatsApp juga menawarkan opsi untuk mencadangkan pesan ke Google Drive. Kamu dapat memanfaatkan fitur ini untuk melihat pesan yang dihapus.

Berikut adalah langkah-langkahnya: 1. Buka aplikasi WhatsApp di ponselmu. 2. Ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas. 3. Pilih opsi “Pengaturan” (Settings). 4. Pada layar Pengaturan, pilih opsi “Chat” dan kemudian pilih “Cadangkan chat”. 5. Pilih akun Google Drive yang ingin kamu gunakan untuk mencadangkan pesan. 6. Atur frekuensi pencadangan sesuai keinginanmu. 7. Setelah selesai mencadangkan, kamu dapat mengembalikan riwayat chat dari file cadangan tersebut dan melihat pesan yang dihapus.

Metode 4: Reinstall Aplikasi WhatsApp

Jika metode-metode sebelumnya terasa tidak nyaman atau rumit, kamu dapat mencoba cara yang lebih sederhana yaitu dengan menghapus dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp di ponselmu. Dengan melakukan ini, kamu akan dapat melihat pesan yang dihapus tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Berikut adalah langkah-langkahnya: 1. Buka menu Pengaturan (Settings) di ponselmu. 2. Cari dan buka opsi “Aplikasi” atau “Aplikasi & Notifikasi”. 3. Temukan aplikasi WhatsApp dalam daftar aplikasi yang terpasang. 4. Ketuk opsi “Hapus Data” atau “Clear Data”. Perhatikan bahwa ini akan menghapus semua riwayat chat dan pengaturan WhatsApp di ponselmu. 5. Setelah itu, buka kembali Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). 6. Cari aplikasi WhatsApp dan instal kembali seperti biasa. 7. Setelah selesai menginstal, buka aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor teleponmu untuk verifikasi. 8. Setelah verifikasi selesai, kamu akan mendapatkan akses ke riwayat chat lengkap termasuk pesan yang sebelumnya dihapus.

Metode 5: Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain metode-metode di atas, terdapat juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah WAMR, Nova, dan WhatsRemoved+. Aplikasi-aplikasi ini bekerja dengan mencadangkan riwayat notifikasi dan dapat memulihkan pesan teks maupun media.

Namun, perlu dicatat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti ini memiliki risiko keamanan dan privasi. Pastikan untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya dan melakukan penelitian lebih lanjut sebelum menginstalnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ada berbagai metode yang bisa kamu gunakan untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus, baik dengan atau tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Kamu dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensimu dan kompatibilitas perangkatmu. Jadi, jangan biarkan pesan WhatsApp yang dihapus membuatmu penasaran lagi!

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *