Pasang Iklan

Bunyi Cak Cak di Soundtrack Avatar: The Last Airbender Terinspirasi dari Tari Kecak Bali? Ini Faktanya!

Bunyi Cak Cak di Soundtrack Avatar: The Last Airbender Terinspirasi dari Tari Kecak Bali? Ini Faktanya!

zonatikus.com – Serial Avatar The Last Airbender telah merajai layar kaca penggemar di Indonesia melalui Netflix sejak 22 Februari 2024. Dibuat oleh sutradara Jabbar Raisani, serial ini terdiri dari 8 episode, masing-masing dengan durasi sekitar 50-60 menit.

Rekomendasi : LEON288 Bandar Live Casino Terbesar 2024

Kesuksesan yang diraih tak hanya membuahkan pujian, tapi juga memastikan kelanjutan musim kedua dan ketiga. Namun, yang mengejutkan adalah salah satu elemen kunci dalam musiknya terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia.

Komposer musik Avatar The Last Airbender, Jeremy Zuckerman, mengungkapkan bahwa bagian musik di akhir setiap episode terinspirasi dari Tari Kecak Bali.

“Pada kredit akhir terinspirasi dari suara Tari Kecak Indonesia. Dengan suara cak cak cak seperti itu lalu di-overlay dan disesuaikan lagi,” ungkapnya dalam wawancara di saluran YouTube Avatar The Last Airbender.

Hasilnya, penciptaan musik tersebut menciptakan pengalaman luar biasa bagi penonton. Musik pada bagian akhir ini menjadi salah satu ciri khas yang tak terlupakan dari serial ini. Bahkan, suara musik tersebut menjadi viral di media sosial ketika remaja Indonesia menirukannya untuk membangunkan sahur.

Tidak hanya terinspirasi dari Tari Kecak, Zuckerman juga memanfaatkan alat musik tradisional lainnya untuk menyusun musik Avatar The Last Airbender. Dia menggunakan alat musik petik tradisional China seperti kecapi China atau guzheng dan pipa, menghadirkan harmoni yang memukau.

Tari Kecak sendiri merupakan salah satu tarian tradisional khas Bali. Cerita yang disampaikan dalam tarian ini berkisah tentang barisan kera yang membantu Rama dalam melawan Rahwana untuk menyelamatkan Shinta, istrinya.

Tarian ini dieksekusi oleh puluhan penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar, sambil mengeluarkan suara “cak” sambil mengangkat kedua lengannya. Lagu yang diiringi tarian ini berasal dari ritual tarian sanghyang, yang bertujuan untuk mengundang roh para leluhur dan berkomunikasi dengan Sang Hyang Widhi.

Dengan inspirasi yang kental dari kebudayaan Indonesia, Avatar The Last Airbender memperkaya pengalaman penontonnya dengan keunikan musik dan nilai budaya yang terselip dalam setiap episode.

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *