Pasang Iklan

Bunga Bangkai Mekar di California Bikin Warga AS Kepo, Ngantri untuk Cium Baunya!

Bunga Bangkai Mekar di California Bikin Warga AS Kepo, Ngantri untuk Cium Baunya!

zonatikus.com – Bunga langka, Amorphophallus titanum, atau dikenal sebagai bunga bangkai, menghiasi California Academy of Sciences (Cal Academy) dengan mekar megahnya pada Selasa, 26 Februari 2024. Kejadian ini menjadi sorotan, sebab bunga ini hanya mekar sekali dalam tujuh hingga 10 tahun. Selama satu hingga tiga hari mekarnya, bunga memancarkan bau menyengat yang menarik perhatian warga lokal dan pengunjung museum.

Rekomendasi : LEON288 Bandar Live Casino Terbesar

Cal Academy menggambarkan aroma bunga bangkai ini sebagai kombinasi bau bawang bombay busuk, bawang putih, ikan busuk, dan kaus kaki berkeringat. Pengunjung museum antre untuk menghirup aroma tak tertahankan ini secara langsung. Bunga ini memanfaatkan bau busuknya untuk menarik kumbang dan lalat pemakan daging busuk.

Menurut New York Botanical Garden, warna merah pada bunga menciptakan ilusi gemuk, sementara panas yang dihasilkannya memungkinkan aroma yang kuat menyebar lebih luas, demikian seperti yang diungkapkan oleh US Botanic Garden.

Kejadian ini menjadi istimewa karena merupakan kali pertama bunga bangkai bernama Mirage mekar. Tanaman ini, awalnya berasal dari Pulau Sumatra, disumbangkan ke Cal Academy pada tahun 2017 dan telah disimpan di ruang pameran hutan hujan museum sejak 2020.

Meskipun baunya yang menyengat, Cal Academy meyakinkan bahwa aroma bunga bangkai ini tidak akan terlalu mengganggu para pengunjung. Selain menjadi atraksi langka, bunga bangkai termasuk dalam tanaman yang terancam punah. Menurut International Union for Conservation of Nature and Natural Resources, hanya tersisa 1.000 bunga bangkai di alam.

Kejadian mekarnya juga langka karena memerlukan energi besar yang disimpan oleh tanaman selama tujuh hingga 10 tahun. Setelah mulai berbunga, tanaman ini dapat tumbuh hingga enam inci per hari.

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *