Pasang Iklan

Beck Depression Inventory: Mengukur Tingkat Depresi Pada Individu

Zonatikus.comBeck Depression Inventory (BDI) atau Inventaris Depresi Beck (IDB) adalah tes psikometrik yang digunakan untuk mengukur tingkat depresi pada individu. BDI dikembangkan oleh psikiater Amerika Aaron T. Beck dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1961. Ini terdiri dari 21 pertanyaan tentang apa yang dirasakan subjek dalam seminggu terakhir, dengan empat pilihan jawaban dalam bentuk skor intensitas untuk setiap pertanyaan. BDI telah diuji dan diteliti keabsahannya dalam berbagai penelitian di beberapa negara dan dianggap konsisten dan cocok digunakan. BDI telah mengalami revisi, dengan versi terbaru adalah BDI-II, yang terdiri dari 21 pertanyaan dengan pilihan jawaban dalam bentuk opsi level.

BDI ini utamanya digunakan untuk pasien setelah menerima diagnosis depresi dan dapat digunakan baik dalam penelitian maupun pemeriksaan, baik untuk pasien remaja maupun dewasa berusia 13-80 tahun. Tes ini juga memiliki versi pendek yang disebut Beck Depression Inventory Fast Screen (BDI-FS), yang terdiri dari 7 pertanyaan. Hak cipta tes BDI dipegang oleh Harcourt Assessment, sekarang dilanjutkan oleh Pearson s Clinical Assessment.

BDI telah banyak digunakan dalam penelitian dan pengukuran depresi di berbagai negara, dan keandalan serta validitasnya telah diuji dalam beberapa studi dengan subjek yang berbeda, menunjukkan hasil yang konsisten dan korelasi dengan tes pengukuran depresi lainnya. Namun, ada beberapa kritik terhadap BDI, seperti ketidakmampuannya memberikan diagnosis pasti bagi pasien dan struktur tes ini terlalu mudah dimengerti oleh pasien yang mungkin ingin memanipulasi skor mereka.

Kelebihan

  • Terbukti validitasnya melalui berbagai penelitian.
  • Cocok digunakan untuk pasien remaja maupun dewasa.

Kekurangan

  • Tidak memberikan diagnosis pasti bagi pasien.
  • Struktur tes mudah dimengerti oleh pasien yang ingin memanipulasi skor.

Dengan demikian, Beck Depression Inventory adalah alat penting untuk membantu mengukur tingkat depresi pada individu setelah menerima diagnosis depresi. Tes ini telah memainkan peranan penting dalam penelitian depresi dan patut dipertimbangkan sebagai alat evaluasi selama proses pengobatan depresi pada pasien remaja maupun dewasa.

Zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *