Pasang Iklan

Awas! Kunci Smartphone Kamu Ternyata Bisa Di-hack Lewat Speaker

zonatikus.com Sensor sidik jari kini menjadi fitur yang wajib dimiliki pada smartphone keluaran terbaru. Meski begitu, ternyata sebagian pengguna lebih suka menggunakan kunci pola di ponsel cerdasnya.

Sebenarnya penggunaan style lock sangat rentan lho. Kombinasi kunci pola Anda bahkan dapat hack melalui komponen speaker!

Ternyata Kunci Pola (Pattern Lock) Bisa Di-hack Lewat Speaker Smartphone

Bagi sebagian orang, menggunakan sidik jari terasa merepotkan. Belum lagi sensornya tidak bisa membaca sidik jari secara akurat dan membuat proses unlocking menjadi lama. Banyak orang lebih menyukai kunci yang menggunakan gaya interlock. Sayangnya, Fossbytes baru-baru ini mengungkapkan bahwa penggunaan kunci pola kini dapat dikompromikan dengan cukup mudah.

Penelitian yang dilakukan di sebuah universitas di Swedia dan Inggris baru-baru ini mengungkapkan bahwa kunci pola yang Anda gunakan pada ponsel cerdas Anda dapat dengan mudah diretas menggunakan speaker dan mikrofon ponsel cerdas tersebut. Benar. Tak hanya hacker, mungkin orang di sekitar Anda juga bisa membuka kunci ponsel cerdas Anda dengan mudah jika Anda melakukan hal ini

Begini Lho Caranya!

Ternyata para hacker telah menemukan cara baru untuk membobol sistem keamanan smartphone Android yang masih menggunakan kunci pola. Dengan menggunakan sistem sonar yang menggunakan gelombang suara yang dihasilkan oleh speaker smartphone, mereka dapat menentukan posisi khas jari Anda saat membuka kunci pola smartphone.

Teknik di atas menjadi populer dengan nama SonarSnoop. Ya, SonarSnoop membutuhkan bantuan aplikasi jahat (malicious app) yang berjalan di smartphone target untuk bisa mendeteksi dan merekam gelombang gerakan jari selama pengguna membentuk pola saat membuka kunci smartphone. Perekaman dilakukan di speaker smartphone.

Gelombang yang dapat ditangkap oleh aplikasi ini berkisar antara 18 hingga 20 kHz, yang sebenarnya cukup bagi para peretas untuk mengidentifikasi dan membaca pola-pola penting pada ponsel cerdas pengguna dengan tingkat akurasi yang bisa mencapai 70%! Lebih dari sekedar angka, data ini diuji di Lancaster University (Inggris) dan Linkoping University (Swedia), keduanya melakukan pengujian dengan Samsung Galaxy S4.

Akhir Kata

Nah itulah bahaya yang perlu kamu ketahui jika menggunakan kunci pola sebagai pengunci smartphone Android kamu. Sekarang, melengkapi sensor sidik jari atau sistem penguncian baru lainnya untuk keamanan lebih adalah ide yang bagus. Benar sekali, sistem penutupan yang baru dibuat ini tentunya tidak hanya didasarkan pada inovasi saja, namun juga mengutamakan tingkat keamanan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Menerima?

sumber : zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *