Pasang Iklan

8 Motor Listrik Murah Bersubsidi yang Dijual di Indonesia 2023, Mulai 8 Jutaan!

zonatikus.com Motor listrik murah bersubsidi menjadi kendaraan ramah lingkungan yang kian diminati karena lebih terjangkau dan fleksibel dibanding mobil listrik. Pilihannya pun kini semakin beragam!

Ditambah lagi, Pemerintah sudah memberikan subsidi motor listrik untuk masyarakat yang tertarik. Sebagai contoh, kamu bisa membeli motor listrik ECGO yang punya beragam varian dengan harga mulai Rp8 jutaan, salah satunya adalah ECGO 2. Harga tersebut bisa lebih murah dengan subsidi motor listrik.

Jadi, untuk kamu yang ingin beralih ke kendaraan ramah lingkungan, simak daftar motor listrik murah bersubsidi terbaik 2023 berikut ini!

1. Charged

Charged Anoa

Charged memiliki tiga model motor listrik yang masing-masing diberi nama Anoa, Maleo, dan Rimau. Uniknya, semua model tersebut dapat digunakan masyarakat dengan sistem berlangganan tanpa harus dibeli.

Charged Anoa adalah motor listrik yang dirancang untuk heavy duty atau pekerja keras komersial dengan kapasitas beban maksimum 150 kg. Anoa dibekali baterai berkapasitas 60V 45Ah dengan kecepatan maksimum mencapai 90 km/jam.

Charged Maleo adalah motor listrik bergaya ramping dan lincah untuk menjelajah berbagai sudut kota, baik untuk kepentingan komersial maupun pribadi. Motor listrik ini memiliki kecepatan maksimum 70 km/jam.

Charged Rimau adalah motor listrik bergaya sporty yang dinamis dan dilengkapi berbagai fitur premium. Baterainya berkapasitas 60V 45Ah dengan kecepatan maksimum mencapai 95 km/jam.

Saat ini motor listrik Charged disewakan dengan biaya Rp1.650.000 per bulan termasuk pajak. Silakan kunjungi artikel Jaka di bawah ini untuk mengetahui informasi lengkap motor listrik Charged.

2. Ather 450X

Ather 450 X

Ather 450X adalah skuter listrik yang inovatif dan canggih besutan startup Ather Energy dari India. Model ini adalah versi yang disempurnakan dari “450” yang populer dengan motor kuat dan jangkauan luas.

Motor listrik Ather 450X ini hadir dengan fitur dan teknologi yang terbilang cukup mumpuni di kelasnya. Bahkan model listrik asal India ini diklaim mampu digunakan dalam kondisi jalanan berair yang cukup tinggi.

450X dibekali dashboard Google Android baru dengan 4G LTE terintegrasi dan baterai 2170 Lithium. Model ini memiliki tenaga 6.000 watt dengan torsi 26 Nm yang memberikan kecepatan tertinggi 80 km/jam dan akselerasi 0-40 km dalam 3,3 detik.

Skuter ini memiliki jarak berkendara 85 km dengan waktu pengisian daya menggunakan pengisi daya rumah sekitar 5-6 jam. Motor listrik yang mengantongi sertifikasi tahan air dan debu IP67 ini dibanderol Rp30 jutaan.

3. Davigo Space

Davigo Space

Davigo Space adalah salah satu motor listrik merek lokal yang diperkenalkan pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Motor listrik satu ini menawarkan teknologi mobilitas kelas atas.

Desain mengotak yang diusung membuat motor ini memiliki kesan retro, ditambah dengan headlamp persegi klasik. Skuter listrik ini memang dirancang minimalis dan terkesan modern dengan bodi sedikit gemuk.

Salah satu keunggulan motor ini didukung teknologi Permanent Liquid Cooling System atau pendingin internal yang membuatnya lebih awet. Baterai Graphene 72V 35 Ah yang disematkan pada motor ini membuatnya bisa menempuh jarak hingga 120 km.

Motor listrik yang sanggup menahan total bobot 108 kg ini dilengkapi fitur USB chargerriding mode, dan remote alarm. Davido Space dibanderol Rp18,7 juta, harga off the road alias belum tanpa surat.

4. Minerva

Minerva

Minerva merupakan salah satu motor listrik yang turut ambil bagian di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Skuter listrik entry level ini secara desain tampilannya mirip dengan Smoot Tempur.

Tergolong praktis karena mengadopsi ekosistem tukar baterai atau baterai swap, motor listrik ini diproduksi sepenuhnya di dalam negeri lewat pabriknya di Gresik, Jawa Timur. Jarak tempuhnya bisa menjangkau 50 km tergantung gaya berkendara.

Dimensi motor ini meliputi panjang 1.860 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.050 mm. Jarak sumbu roda 1.340 mm, tinggi jok 690 mm, jarak terendah dari tanah 145 mm, dan berat kering 68 kg. Kaki-kaki pelek 12 inci.

Mengusung baterai lithium ion berkapasitas 64V 22.5Ah, kecepatan maksimal yang bisa dicapai motor ini sekitar 50-60 km/jam. Ditawarkan dalam lima pilihan warna, motor listrik Minerva dibanderol sekitar Rp16,5 juta.

5. MForce

MForce

MForce turut meramaikan GIIAS 2022 dengan membawa empat merek kendaraan sekaligus, yakni SYM, SM Sport, CFMoto, dan WMoto. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 2013 ini mencoba eksis di tengah kedatangan berbagai kompetitor.

WMoto menjadi varian atau model paling murah dari jajaran motor listrik yang dimiliki MForce saat ini. Dari segi tampilan, WMoto masuk kategori skuter yang memiliki konsep neo retro tetapi dengan teknologi terkini.

WMoto Neutron dibekali dengan dinamo listrik berkapasitas 1.200 watt dan baterai bermuatan 72 Volt 20 Ah. Motor ramah lingkungan ini pun dapat menempuh jarak hingga 60 km dalam kondisi baterai terisi penuh.

Terdapat tiga mode berkendara, layaknya motor listrik pada umumnya yang menghasilkan tenaga berbeda dengan kecepatan maksimum berbeda juga. Motor listrik WMoto dibanderol mulai dari Rp16,2 juta.

6. ECGO 2

ECGO 2

ECGO 2 adalah salah satu sepeda motor listrik terbaik yang cukup populer di kalangan penggemar otomotif. Motor listrik ECGO sudah menggunakan teknologi terbaru dan modern dari generasi sebelumnya, ECGO 1.

Menariknya, motor listrik ini menawarkan konsep sewa baterai, di mana ECGO menyewakan baterai kepada para pembeli produk tersebut dengan harga Rp95 ribu per 30 hari.

Soal kecepatan, motor ini mampu melaju maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh 70 km. Motor listrik ini diproduksi oleh PT Green City Traffic (GCT) dan pertama kali diperkenalkan pada GIIAS 2019 lalu.

Dibekali teknologi GPS tracker, pengguna bisa melacak posisi motor lewat aplikasi. Harga yang dibanderol untuk motor listrik ECGO 2 mulai dari Rp8-11 jutaan saja!

7. Selis Eagle Prix

Selis Eagle Prix 793a8

Selis Eagle Prix memiliki tampang dan desain bak skutik Eropa yang khas. Tergolong minimalis, motor listrik ini cocok buat kamu yang menginginkan kendaraan kompak dan simpel.

Dengan tampangnya yang cukup elegan, tak heran motor listrik ini bisa menarik minat banyak orang. Buat kamu yang terbiasa menggunakan motor matic Beat, Selis Eagle Prix bisa menjadi alternatif.

Kesan elegan semakin terasa dengan bagian headlamp yang sudah memakai LED proyektor. Motor listrik ini memiliki daya 800 Watt yang bisa dipacu hingga 40 km/jam dengan jarak tempuhn 35 km.

Selis Eagle Prix dibanderol dengan harga sekitar Rp11,5 juta untuk off the road. Kamu harus menambah Rp2,5 juta lagi, sehingga total menjadi Rp14 juta agar motor ini bisa dikendarai di jalan umum.

8. Smoot Tempur

Smoot Tempur

Smoot Tempur merupakan motor listrik Indonesia yang dirakit di Cikupa, Tangerang oleh PT Smoot Motor Indonesia. Meski begitu, beberapa part kendaraan ini masih didatangkan dari luar negeri.

Tak seperti kebanyakan motor listrik di Indonesia yang punya tampang imut, Smoot Tempur memiliki desain yang kekinian dan terlihat lebih futuristik.

Hadir dengan baterai Lithium Ion berkapasitas 64V 22,5, motor listrik ini diklaim bisa melaju hingga 60 km. Motor ini juga punya tenaga 1500W dan diklaim punya torsi hingga 112 Nm di putaran mesin 750 RPM.

Motor ini menggunakan metode swap atau tukar baterai, sehingga setiap pembeli Smoot Tempur tidak dibekali dengan charger sehingga tidak perlu repot mengisi daya secara mandiri. Harga Smoot Tempur dibanderol sekitar Rp13,9 juta.

Akhir Kata

Itulah daftar motor listrik murah terbaik 2023 yang layak dipertimbangkan untuk bisa menjadi kendaraan masa depan kamu. Selain ramah lingkungan, penggunaan sepeda motor listik jauh lebih hemat dibanding motor berbahan bakar minyak.

Dengan nominal subsidi motor listrik yang cukup besar, sudah pasti harganya akan jauh lebih terjangkau. Bahkan, mungkin lebih murah daripada motor berbasis BBM.

Mengingat masih sangat tingginya harga untuk mobil listrik, beralih ke motor listrik bisa menjadi alternatif. Harga jual motor listrik yang tergolong terjangkau dan relatif lebih mudah dirawat jadi keunggulannya.

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *