Pasang Iklan

5 Film Iran Terbaik Sepanjang Masa, Ada Film Pemenang Oscar!

zonatikus.com Ketika kamu mendengar kata Iran, apa yang terlintas dalam benakmu? Mungkin yang muncul adalah Teheran, gurun pasir, Arab, Ahamdinejad, bahkan syiah.

Padahal, Iran memiliki segudang film berkualitas yang penuh dengan kisah motivasi, loh! Kualitas cerita yang dibawakan enggak kalah sama film-film Hollywood.

Maka dari itu, kali ini jaka mau kasih kalian daftar rekomendasi film Iran terbaik yang bisa kamu tonton bersama keluarga ketika lebaran nanti!

5 Film Iran Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Mungkin kamu penasaran, apa yang menyebabkan Iran bisa memproduksi film-film yang berkualitas. Padahal, letaknya di peta aja kamu belum tentu tahu.

Ternyata, Iran memang sudah lama terkenal dengan film-filmnya, terutama setelah peristiwa revolusi Iran yang terjadi pada tahun 1978.

Setelah revolusi, para penggiat industri film semakin produktif dalam membuat film yang diterima oleh publik, bahkan hingga go international.

Selain itu, film-film Iran juga terkenal karena sarat makna yang penuh motivasi, sehingga kita bisa mendapatkan nilai tambah setelah menontonnya.

Lantas, apa saja film Iran terbaik yang bisa kamu tonton?

1. A Separation

Film Iran Terbaik 1 32be6

Film Iran pertama yang akan Jaka rekomendasikan untuk kamu adalah A Separation. Film drama ini menceritakan tentang sepasang suami-istri yang dihadapkan oleh sebuah dilema.

Dilema apa? Mereka dihadapkan pilihan antara pindah ke luar negeri demi pendidikan anaknya atau tetap tinggal di rumah untuk merawat ayah sang suami.

Sebagai salah satu film yang paling sukses, film ini mengangkat isu-isu agama, gender, hingga kelas sosial. Bahkan, film ini meraih piala Oscar sebagai film berbahasa asing terbaik.

2. Children of Heaven

Film Iran Terbaik 2 75345

Film Children of Heaven merupakan film Iran pertama yang berhasil masuk nominasi Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik.

Film ini bercerita tentang seorang anak kecil bernama Ali yang menghilangkan sepatu milik kakaknya, Zahra.

Karena miskin, Ali berusaha menemukan sepatu tersebut hingga ke tempat-tempat yang susah dijangkau. Untuk sementara, mereka memutuskan untuk berbagi sepatu.

Film yang mengangkat tema keluarga ini sangat menyentuh hati, geng!

3. The Salesman

Film Iran Terbaik 3 B3f13

The Salesman merupakan film Iran lainnya yang berhasil menyabet piala Oscar. Film ini juga disutradarai oleh Asghar Farhadi.

Film ini bercerita tentang sepasang suami istri yang bergabung dalam pentas teater berjudul Death of Salesman.

Suatu ketika, sang istri mendapatkan serangan yang membuatnya trauma. Suaminya berusaha untuk menemukan identitas penyerang sembari membantu istri mengatasi traumanya.

4. The Past

Film Iran Terbaik 4 Ae1db

Film The Past merupakan kolaborasi dari tiga negara, yakni Prancis, Italia, dan Iran. Film ini disutradarai oleh, tak lain tak bukan, Asghar Farhadi.

Bercerita tentang Ahmad, seorang pria asal Iran yang kembali ke Prancis untuk menyelesaikan kasus perceraian dengan istrinya, Marie.

Ketika mereka belum resmi bercerai, ternyata Marie sudah menjalin hubungan dengan pria lain. Anaknya, Lucie, tidak mendukung hubungan ini dan membuatnya stres hingga ingin bunuh diri.

Film ini memiliki makna sangat dalam, kamu harus tonton, geng!

5. About Elly

Film Iran Terbaik 5 Fe1b6

About Elly adalah salah satu film Iran lainnya yang disutradari oleh Asghar Farhadi dan mendapatkan respon positif dari publik.

Sekilas, film ini terlihat sebagai drama psikologis tentang sekelompok teman kampus yang sedang liburan di Laut Kaspia.

Jika diselami lebih dalam, kita akan melihat kompleksitas yang dimiliki oleh masyarakat menengah Iran.

Film ini mempertanyakan kembali tentang interaksi kelompok, pilihan moral, dan budaya ketidakjujuran yang tercipta akibat tertutupnya masyarakat yang mendapatkan pengawasan ketat.

Akhir Kata

Itulah 15 film Iran terbaik yang bisa Jaka rekomendasikan untuk kamu. Enggak nyangka kalau negara di Timur Tengah bisa memproduksi begitu banyak film berkualitas.

Kira-kira mana yang bakal kamu tonton duluan? Tulis di kolom komentar, ya!

zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *