Pasang Iklan

15 Motor Listrik Buatan Indonesia Terbaik 2023, Termurah Rp11 Jutaan!

Zonatikus.com – Motor listrik buatan Indonesia akhir-akhir ini juga ikut berkompetisi di kelas elektrik. Meski sering diremehkan, motor lokal ini kualitasnya tak kalah dengan merek global, lho.

Beberapa merek lokal yang patut kamu coba antara lain adalah Gesits, United Motor T1800, Alva One, atau Selis Agats. Semua model tersebut adalah produk rakitan lokal yang ada di pasar Tanah Air dengan kemampuan handal.

Penasaran dengan apa saja motor listrik asal Indonesia terbaik 2023 yang bisa kamu miliki? Yuk, simak informasi berikut ini yang sudah Jaka siapkan khusus untuk kamu!

1. Gesits

Gesits Raya

Sumber foto: gesitsmotor – Gesits Raya, Motor Listrik Buatan Indonesia

Gesits merupakan motor listrik asli buatan Indonesia yang wajib masuk list pertama kali ini. Pasalnya, produk ini pula yang seolah mengawali semangat pabrikan lokal untuk terjun di industri motor ramah lingkungan.

Dari segi spesifikasi, motor listrik Gesits generasi pertama menggunakan tenaga listrik dengan daya 5kw. Dalam kondisi baterai penuh, motor ini dapat menempuh jarak sejauh 50 km dan 100 km jika menggunakan baterai ganda.

Informasi terbaru, pabrikan ini siap merilis tipe teranyar yang diberi nama Gesits Raya. Bedanya, Gesits Raya memiliki headlamp yang lebih modern serta desain setang telanjang. Namun, belum diketahui soal spesifikasi dan banderol yang dipatok.

Sejauh ini, harga Gesits yang beredar di pasaran berada di angka Rp26 jutaan, ya.

2. Bralink EV1

Bralink EV1

Sumber foto: Antara – Motor Listrik Buatan Indonesia

Bralink EV1 merupakan motor listrik yang digagas oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah bekerja sama dengan PT Rainbow Moto Builder (RMB) Jakarta. Motor ini hadir dengan tampilan sasis yang terbuka.

Bralink EV-1 (Electric Vehicle One) ini dibuat oleh perajin dari Industri Kecil Menengah (IKM) Logam dan siswa SMK YPT 1 Purbalingga. Motor listrik ini merepresentasikan keunggulan teknik pembentukan logam dan pengelasan IKM Logam Purbalingga.

Daya yang digunakan Bralink EV1 adalah 60 volt 30 Ah tipe LifePO4. Dalam sekali pengisian, kendaraan ini dapat menempuh jarak hingga 40 km. Selain itu, motor listrik ini memiliki life time sebanyak 2.000 kali.

Kemunculan motor listrik ini juga mendukung pemerintah pusat dalam transformasi kendaraan konvensional ke kendaraan bertenaga listrik. Harga Bralink EV1 sudah ditentukan tim pengembang sepeda motor listrik Purbalingga, yakni Rp40 juta per unit.

3. Selis Eagle Prix

2

Sumber foto: Motorplus – Motor Listrik Buatan Indonesia

Selis Eagle Prix memiliki tampang dan desain bak skutik Eropa yang khas. Tergolong minimalis, motor listrik ini cocok buat kamu yang menginginkan kendaraan kompak dan simpel.

Dengan tampangnya yang cukup elegan, tak heran motor listrik ini bisa menarik minat banyak orang. Buat kamu yang terbiasa menggunakan motor matic Beat, Selis Eagle Prix bisa menjadi alternatif.

Kesan elegan semakin terasa dengan bagian headlamp yang sudah memakai LED proyektor. Motor listrik ini memiliki daya 800 Watt yang bisa dipacu hingga 40 km/jam dengan jarak tempuh 35 km.

Selis Eagle Prix dibanderol dengan harga sekitar Rp11,5 juta untuk off the road. Kamu harus menambah Rp2,5 juta lagi, sehingga total menjadi Rp14 juta agar motor ini bisa dikendarai di jalan umum.

4. Viar Q1

Apa Kelemahan Motor Listrik

Sumber foto: Kompas – Motor Listrik Buatan Indonesia

Viar merupakan pabrikan motor yang sudah berdiri sejak tahun 2000 silam. Lokasi pabriknya sendiri berada di Semarang, Jawa Tengah. Saat ini, mereka punya motor listrik andalan yang dinamakan Viar Q1.

Tampilan motor listrik Viar memang sedikit retro, mirip skuter matic zaman dulu. Selain itu, dimensinya juga terbilang mungil tapi tetap kompak. Dijamin gak malu saat berkendara di jalanan, deh.

Baterai yang diusung bertipe lithium-ion dengan waktu pengisian hingga penuh selama 4-5 jam. Dalam kondisi daya penuh, motor ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dengan jarak maksimal sejauh 60 km.

Kalau kamu berminat beli Viar Q1, kamu cukup diminta siapkan uang sebanyak Rp18 jutaan saja!

5. Selis Agats

3

Sumber foto: GridOto – Motor Listrik Buatan Indonesia

Selanjutnya ada motor listrik Selis Agats dari PT Juara Bike. Sekilas, tampilannya mirip dengan Yamaha Soul GT yang banyak beredar di jalanan. Itu bisa dilihat dari bentuk fairing depan hingga headlamp-nya.

Motor ini mengusung baterai model sealed lead acid (SLA) dan mampu menempuh jarak hingga 50 km dalam kondisi daya baterai penuh. Sementara untuk kecepatannya bisa mencapai 60 km/jam sehingga cocok untuk mobilitas jarak pendek.

Penasaran berapa harga motor listrik Indonesia 2023 ini? Kamu bisa membeli Selis Agats dengan banderol sebesar Rp22,7 jutaan.

6. Alessa eX3000

5

Sumber foto: Alessa Motor – Motor Listrik Buatan Indonesia

Alessa eX3000 merupakan pendatang baru di pasar otomotif nasional hasil pabrikan dari PT Pintar Pilih Motor (PPM). Motor ini diklaim hadir dengan konsep elektrifikasi yang modern dan ekonomis.

Menurut pihak pabrikan, motor ini menggunakan smart battery dengan daya 2 kWh, yang mana dalam kelas yang sama, kebanyakan daya baterai yang diusung masih 1,2 atau 1,5 kWh.

Dengan daya tersebut, Alessa eX3000 diklaim mampu melaju hingga kecepatan 70 km/jam. Tidak hanya itu, motor ini juga disebut mampu melibas tanjakan tinggi sekalipun, loh.

Kalau kamu tertarik membelinya, motor yang satu ini hanya dihargai sekitar Rp17,7 jutaan saja.

7. ECGO 5

6

Sumber foto: ECGObike – Motor Listrik Buatan Indonesia

ECGO 5 merupakan motor listrik seri terbaru yang dirilis oleh PT Green City Traffic (GCT). Sekilas, desainnya mengingatkan kita pada Honda Scoopy yang sangat laris itu.

Dari segi performa, kecepatan motor ini diklaim mampu mencapai angka hingga 70 km/jam. Sementara jarak tempuhnya bisa menjelajah sejauh 70-80 km dalam kondisi baterai penuh. Untuk sekali pengisian dayanya pun cukup singkat, yaitu hanya membutuhkan waktu 3-5 jam saja.

Kalau kamu tertarik, kamu bisa membeli motor ECGO 5 melalui e-commerce seperti Tokopedia dengan harga sekitar Rp14-16 jutaan. Terjangkau banget!

8. Elvindo

Cara Kerja Motor Listrik Sederhana

Sumber foto: IST – Motor Listrik Sederhana

Buat kamu yang belum tahu, Elvindo atau Electric Vehicle Indonesia merupakan motor listrik yang lokasi perakitannya berada di Cikupa, Tangerang, Banten.

Sebenarnya motor ini memiliki beberapa varian, misalnya seperti Rama, Shinta, dan Arjuna. Meski punya desain yang berbeda-beda, namun semuanya jenis tadi diklaim dapat melaju hingga kecepatan 60 km/jam.

Untuk tipe tertingginya pun dijual sangat murah, kamu bisa beli di harga sekitar Rp13 jutaan saja. Salah satu motor listrik murah yang bisa dijadikan pilihan, nih!

9. BF Goodrich BF-CG

8

Sumber foto: Motorplus – Motor Listrik Buatan Indonesia

Kalau kamu ingin tampilan yang berbeda, sebaiknya beli BF Goodrich BF-CG aja. Alih-alih berdesain bak skuter matic, motor ini justru tampil dengan gaya cafe racer, lho.

Tenang aja, tangki yang disematkan pada motor ini cuma gimmick alias kosong. Tangki tersebut juga bisa kamu fungsikan untuk menyimpan charger atau baterai.

Meski tampil garang, motor ini terbilang standar dari sisi performa, yakni hanya bisa melajuh hingga 58 km/jam dengan daya jelajah sejauh 50 km saja ketika baterai penuh.

Harga motor dari pabrikan asal Semarang, Jawa Tengah ini berada di angka Rp19 jutaan aja.

10. Rakata NX8

9

Sumber foto: Motor1 – Motor Listrik Buatan Indonesia

Yang tadi kurang keren? Jaka punya rekomendasi lain, nih, yaitu Rakata NX8 yang bergaya ala naked sport. Kurang kece apa lagi?

Rakata sebagai produsen motor ini memiliki pabrik perakitan yang berada di Tangerang, Banten. Sementara untuk kantor pusatnya berada di Jakarta Selatan. Jadi murni produk lokal, ya.

Pada seri NX8 ini, mereka mengusung desain retro dari Jepang pada bagian lampunya. Meski begitu, lampu tersebut sudah LED sehingga tidak melupakan kesan modern yang harus ditampilkan.

Sebagai motor sport, kecepatannya bisa menyentuh angka maksimal di 85 km/jam berkat dinamo penggerak berkapasitas 2.000 watt yang dimilikinya. Selain itu, motor ini juga diklaim mampu melibas tanjakan dengan kemiringan hingga 30 derajat, lho.

Adapun baterai built-in lithium-ion yang disematkan menjadikan motor ini mampu menjelajah sejauh 100 km dalam kondisi baterai yang terisi penuh.

Oh, iya, siapkan uang sebesar Rp54 jutaan untuk membeli motor ini, ya!

Daftar Motor Listrik Buatan Indonesia Terbaik Lainnya

11. Elders Elettrico

10

Sumber foto: NaikMotor – Motor Listrik Buatan Indonesia

Motor listrik Indonesia terbaik yang satu ini ternyata mengusung desain Vespa klasik yang legendaris, lho. Namun bedanya, motor ini tetap mengedepankan spesifikasi yang canggih.

Bernama Elders Elettrico, motor ini didukung dengan kapasitas daya baterai 52V-24Ah yang mampu melajuh dengan kecepatan maksmal 55 km/jam. Untuk dapat mengisi dayanya hingga penuh, kamu membutuhkan waktu selama 6 jam.

Kalau kamu mengaku Vespa holic, tentu ini adalah pilihan yang menarik. Harganya sendiri berkisar Rp18 jutaan aja, kok.

12. Nusa Khatulistiwa

11

Sumber foto: Nusa Khatulistiwa – Motor Listrik Buatan Indonesia

Mendengar namanya saja bisa ditebak kalau motor ini berasal dari dalam negeri. Nusa Khatulistiwa atau Nusa_K sendiri sebenarnya dikembangkan oleh dua pemuda Indonesia bernama Domex Mandey dan Tomi Gunawan.

Menariknya, motor yang mereka hadirkan tidaklah berdesain seperti skuter pada umumnya, melainkan merupakan tipe motor sport yang gagah dan maskulin. Performanya pun gak main-main, lho.

Berbekal baterai lithium-ion cell dengan kapasitas 10 kWh, motor ini dipercaya mampu melaju hingga sejauh 180 km untuk sekali pengisian daya.

Jika performanya gak main-main, maka harganya pun demikian. Untuk varian basic saja, harga motor listrik buatan Indonesia bernama Nusa Khatulistiwa ini dibanderol sebesar Rp140 juta, lho!

Tapi dengan harga yang mahal, produsen motor ini memberikan kesempatan bagi konsumennya untuk melakukan full costumize mulai dari warna bodi, jok, roda, baterai, hingga rem. Tertarik?

13. Polytron EVO

12

Sumber foto: Polytron – Motor Listrik Buatan Indonesia

Sebagai brand lokal yang punya nama besar, Polytron kini ikut terjun ke industri otomotif. Kini mereka menghadirkan motor listrik Polytron EVO yang siap bersaing dengan para pendahulu lainnya.

Tampilannya sendiri masih mengusung gaya skuter matic seperti produk kompetitor kebanyakan. Performa baterai litihum-nya pun cukup standar, karena hanya bisa melaju hingga kecepatan 60 km/jam saja.

Tapi kelebihannya, jarak tempuh yang bisa dihasilkan dalam satu kali pengisian baterai terbilang lumayan jauh, yakni bisa hingga 100 km. Jika memakai dua baterai, maka total jarak tempuhnya jadi sejauh 200 km.

Harga Polytron EVO sendiri berada di angka Rp28 juta untuk on the road Jakarta, Tangerang, Kudus, dan Semarang.

14. United Motor T1800

13

Sumber foto: Kompas – Motor Listrik Buatan Indonesia

Kalau kamu mau cari motor bertenaga listrik yang desainnya keren, United Motor T1800 mungkin bisa dijadikan pilihan yang menarik, nih. Desainnya yang elegan namun sporty mengingatkan kita pada Yamaha Nmax, lho.

Secara spesifikasi, motor ini memiliki 4 mode kecepatan yang bervariasi. Misalnya saja speed 1 dengan kecepatan maksimal 50 km/jam, speed 2 dengan 60 km/jam, speed 3 dengan 65 km/jam, dan turbo dengan kecepatan hingga 70 km/jam.

Tidak sampai di situ saja, ada juga gigi mundur alias reverse yang tombolnya berada di bagian pangkal stang kiri. Cara mengoperasikannya pun sangat mudah, yakni hanya dengan ditekan sambil menarik tuas gas.

Bagasi yang terdapat di T1800 juga sangat luas sehingga bisa dibuat untuk menyimpan baterai cadangan. Di bagasi tersebut bahkan sudah disediakan colokan USB dan lampu penerangan sebagai penunjang kemudahan penggunanya.

Lantas berapa harga motor yang satu ini? Kamu dapat membeli United T1800 dengan harga Rp27 juta saja!

15. Quests Motor Atom Alpha

Quest Motors Atom Alpha merupakan produk motor listrik buatan Indonesia yang dirancang langsung oleh Niko Questera, seorang mantan teknisi Tesla. Motor listrik ini hadir dalam tiga varian yang berbeda, yaitu LITE, PLAY, dan Pro.

Motor yang dikembangkan oleh Niko Questera, seorang mantan teknisi Tesla varian LITE ini ditenagai dengan baterai berkapasitas 240 Watt dan mampu mencapai jarak maksimum 8 kilometer.

Di sisi lain, varian PLAY dilengkapi dengan baterai berkapasitas 480 Watt yang memungkinkan perjalanan hingga 16 kilometer. Sementara itu, varian Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 720 Watt dan dapat digunakan untuk perjalanan hingga 24 kilometer.

16. Volta 401

Volta 401 adalah motor listrik buatan Indonesia yang memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah Sistem Ganti Baterai (SGB), yang memungkinkan pengguna untuk mengganti baterai yang habis dengan yang baru di stasiun-stasiun yang tersedia.

Kelebihan lainnya adalah harga yang terjangkau, yaitu sekitar Rp 18,5 juta. Motor ini bisa dibeli secara online melalui e-commerce. Selain itu, motor ini juga memiliki desain yang modern dan elegan, dengan warna biru sebagai ciri khasnya.

Motor ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti lampu LED, speedometer digital, dan rem cakram. Dari segi performa, motor ini juga cukup baik, dengan tenaga 1.500 W atau sekitar 2 Hp. Motor ini bisa mencapai kecepatan maksimal 55 kpj, dengan jarak tempuh 55 km per baterai. Motor ini juga bisa membawa beban maksimal 200 kg.

Daftar Motor Listrik Buatan Indonesia Terbaik

  1. Gesits
  2. Bralink EV1
  3. Selis Eagle Prix
  4. Viar Q1
  5. Selis Agats
  6. Alessa eX3000
  7. ECGO 5
  8. Elvindo
  9. BF Goodrich BF-CG
  10. Rakata NX8
  11. Elders Elettrico
  12. Nusa Khatulistiwa
  13. Polytron EVO
  14. United Motor T1800
  15. Quests Motor Atom Alpha

Akhir Kata

Itulah daftar motor listrik buatan Indonesia terbaik yang bisa kamu miliki. Mulai dari harga belasan hingga ratusan juta tersedia untuk bisa kamu pilih, tergantung kemampuan dan selera tentunya.

Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi dengan kualitas pabrikan lokal dalam menghadirkan kendaraan listrik, khususnya sepeda motor. Selain bisa ikut memajukan industri otomotif nasional, kamu juga dapat mendukung lingkungan agar tetap sehat!

Zonatikus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *